Page 20 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 20
Kumimmn, Me111bmnlii Pmgeln/ann J'c11didikrm Nasional
visi jauh ke depan. Manajemen pendidikan yang hanya berpusat
dan terpaku semata kepada proses pembelajaran di dalam kelas
konvensional harus ditinggalkan. Sudah saatnya manajemen
pendidikan mengambil peran yang lebih besar dalam
mengembangkan organisasi dan mengatur organisasinya sendiri,
tanpa mengabaikan peraturan dasar pemerintah dan
pertanggungjawaban kepada masyarakat sebagai stakeholder
pendidikan itu sendiri.
Pengelola pendidikan harus mengubah paradigma
tentang pengelolaan pendidikan. Pendidikan harus dilihat sebagai
lembaga sosial yang berfungsi mengembangkan sumber daya
manusia (SDM) yang dikelola secara profesional namun tetap
berbasis kepada pendidikan itu sendiri. Di samping banyak aspek
lain yang juga turut dalam pembenahan namun peran guru/dosen
menjadi sangat sentral dan penting untuk dikembangkan.
Artikel ini membahas pembenahan pengelolan pendidikan
dari berbagai aspek dan pemberdayaan pembelajaran yang
menekankan kepada pengembangan kemampuan guru/dosen
yang menjadi sentral dalam pembelajaran.
Aspek pembenahan yang perlu diperhatikan mulai dari
pengelolaan lembaga pendidikan, kurikulum, pembelajaran.
kompetensi dan kemampuan guru/ dosen sampai kepada
kompetensi lulusan. Ketertinggalan pendidikan nasional Indonesia
sudah menjadi suatu potensi masalah yang harus diperhatikan
secara serius. Terbitnya UU Otda pembenahan kurikulum dan SK
Mendiknas No. 232, 184, dan 045 bagi pendidikan tinggi
memberikan implikasi positif bagi pendidikan untuk mengatur dan
mengembangkan pendidikannya sendiri. Pemerintah dan DPR
sangat memahami bahwa pendidikan merupakan aspek penting
yang harus ditangani secara baik guna membangun bangsa ini.
Hal ini ditandai dengan terbitnya amandemen pasal 31 UUD 1945
yang memberikan perhatian lebih kepada pendidikan nasional.
4