Page 22 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 22
f:;mtfii\IW1. Mcml>cnnhi !'endtdtk(l/1 Nmional
keunggulan teknologi, keperkAsaan teknologi informasi &
komunikasi. serta perubahan tatanan perekonomian dunia secara
global tidak banyak mempengaruhi pendidikan nasional.
Pencliclikan seolah-olah berjalan dalam suatu 'ruang hampa' yang
terpisah clan terisolasi dari masyarakat: mulai dari manajemen
dan gaya kepem1mpinan sampa1 kepada proses pembelaJEHan di
dalam kelas.
Manajemen dan gaya kepemimpinan pend1dikan yang
merupakan legacy masih tetap digunakan sampai saat ini.
ManaJemen organisasi pendid1kan beqalan apa adanya mengikuti
Jalur yang sudah digariskan. ticlak berdaya, terbelenggu, dan
kurang ada kemauan untuk bennisiatif melakukan terobosan
perubahan dalam berbagai aspek. Munculnya sekolah unggulan
pada tingkat sekolah dasar clan menengah dan kelas-kelas
internasional pada· PT merupakan suatu refleksi dari rasa ketidak-
puasan dalam pengelolaan pendidikan nasional. Hal ini perlu
clisambut baik dan terus dikembangkan meskipun masih
membutuhkan perjalanan panjang untuk terus mengembangkan
manajemen dan kepemimpinan organisasi.
Banyak aspek yang harus dibenahi yang meliputi
m;majemen dan gaya kepemimpinan, kunkulum, peraturan.
sumber dan alat belajar. dan yang lebih penting yaitu kemampuan
guru/closen clCJiam mengajar. ManaJemen sekolah masih tetap
memainkan peran dengan 'gaya kepemimpinan legacy', kurikulum
yang masih sangat rigid, sumber dan ala! belajar yang serba
kekurangan serta para guru/dosen sebagai fa ktor utama dan
'pemain kunci' dalam pembelajaran masih bermain sendiri dan
menempatkan s1swa/mahasiswa sebagai obyek yang pasif dan
hanya sebagai 'penonton' dalam pembelajaran. Dari semua aspek
yang harus dibenahi peran guru/dosen menjadi sangat sentral
dan dominan untuk dibenahi secara baik.
6