Page 25 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 25
Cakrmmlo l'l'lldidikan 2
Gambar 1 memperlihatkan bahwa pendidikan nasional
kita masih hanya memperhatikan pembelajaran semata, tanpa
melihat secara lengkap dan menyeluruh cara mengelola
pendidikan dengan baik. Paradigma ini harus diubah untuk
menemukan suatu perspektif sistem pendidikan secara lengkap
dan menyeluruh. Ketika ingin melakukan pembenahan proses
pembelajaran maka pembenahan tidak hanya kepada proses
pembelajaran itu sendiri, namun secara menyeluruh, termasuk
semua aspek yang mendukung proses tersebut. Perkembangan
ilmu pengetahuan dan khususnya ilmu manajemen seharusnya
mengubah pola pandangan dalam mengelola pendidikan ke arah
pandangan yang lebih menyeluruh, menempatkan pendidikan
nasional pada porsi yang lebih baik guna meningkatkan mutu dan
kinerja lembaga pendidikan itu sendiri. Perubahan ini harus
dilakukan, pendidikan harus dilihat sebagai suatu usaha yang
dikelola secara lengkap, menyeluruh dan profesional serta
memiliki pandangan dan visi yang jauh ke depan.
Dari model pada Gambar 1 perlu ditelaah satu-persatu
aspek dalam pendidikan itu sendiri
1. Guru/Dosen
Guru/dosen memainkan peran yang sangat sentral dan
dominan dalam pembelajaran sejak taman kanak-kanak sampai
kepada PT. Jasa dan pengorbanan yang dilakukan oleh
guru/dosen selama ini harus diberikan apresiasi tinggi yang Ielah
turut mengantarkan anak didik dalam mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan serta watak yang baik. Namun di
sisi lain dapat dikatakan bahwa kemampuan dan kompetensi
guru/dosen secara nasional masih harus dikembangkan dan
ditingkatkan kepribadian, pengetahuan, dan keterampilannya.
Banyak yang mengatakan bahwa faktor utama terletak pada
9