Page 25 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 25

Cakrmmlo  l'l'lldidikan 2


             Gambar  1  memperlihatkan  bahwa  pendidikan  nasional
     kita  masih  hanya  memperhatikan  pembelajaran  semata,  tanpa
     melihat  secara  lengkap  dan  menyeluruh  cara  mengelola
     pendidikan  dengan  baik.  Paradigma  ini  harus  diubah  untuk
     menemukan  suatu  perspektif  sistem  pendidikan  secara  lengkap
     dan  menyeluruh.  Ketika  ingin  melakukan  pembenahan  proses
     pembelajaran  maka  pembenahan  tidak  hanya  kepada  proses
     pembelajaran  itu  sendiri,  namun  secara  menyeluruh,  termasuk
     semua  aspek  yang  mendukung  proses  tersebut.  Perkembangan
     ilmu  pengetahuan  dan  khususnya  ilmu  manajemen  seharusnya
     mengubah pola pandangan dalam mengelola pendidikan  ke  arah
     pandangan  yang  lebih  menyeluruh,  menempatkan  pendidikan
     nasional  pada  porsi  yang  lebih baik guna meningkatkan mutu dan
     kinerja  lembaga  pendidikan  itu  sendiri.  Perubahan  ini  harus
     dilakukan,  pendidikan  harus  dilihat  sebagai  suatu  usaha  yang
     dikelola  secara  lengkap,  menyeluruh  dan  profesional  serta
     memiliki pandangan dan visi yang jauh ke depan.
            Dari  model  pada  Gambar  1  perlu  ditelaah  satu-persatu
     aspek dalam pendidikan itu sendiri


     1.  Guru/Dosen

            Guru/dosen  memainkan  peran  yang  sangat  sentral  dan
     dominan  dalam  pembelajaran  sejak  taman  kanak-kanak  sampai
     kepada  PT.  Jasa  dan  pengorbanan  yang  dilakukan  oleh
     guru/dosen  selama  ini  harus  diberikan  apresiasi tinggi yang Ielah
     turut   mengantarkan   anak   didik   dalam   mengembangkan
     pengetahuan  dan  keterampilan  serta  watak  yang  baik.  Namun  di
     sisi  lain  dapat  dikatakan  bahwa  kemampuan  dan  kompetensi
     guru/dosen  secara  nasional  masih  harus  dikembangkan  dan
     ditingkatkan  kepribadian,  pengetahuan,  dan  keterampilannya.
     Banyak  yang  mengatakan  bahwa  faktor  utama  terletak  pada




                                                               9
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30