Page 26 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 26

f.:u m11111 ·an.  .\ /!· m/ "'noht   f'end1diknn  Noxionnl


              k(~kumngan  biaya.  Rasanya  tidak  semuanya  benar.  Banyak
              alnsan  yang  bersifat  pribadi.  Pendidikan  guru/dosen  yang  Ielah
              rnemilrki  kemampuan  teori  teaching  methodology  kurang  dapat
              drterapkan  secara  baik.  Kebanyakan  dosen  di  negara  ini  kurang
              menguasar  teaching  methodology.  Guru/dosen  kurang  dapat
              mengembangkan  kernampuan  dan  berinisiatif  dalam  rnengajar,
              hanya mengrkuti syarat minimal yang harus diberikan.


              2.  Siswa/Mahasiswa
                     DRpat  dikatakan  bahwa  rata-rata  secara  nasional
              kemampuan  akadernik  siswa/mahasiswa     pas-pasan.   Pada
              sr"kolah-sekolah  favorit  dan  unggulan  jelas  banyak  dijumpai
              siswCJ/mahasrswa  yang  rnemiliki  kemampuan  akademik yang  baik
              bahkan  luar  biasa,  narnun  jurnlahnya  masih  sangat  kecil  bila
              dibanciingkan  dengan  dunia  pendidikan  secara  nasional.  Bila
             dramati  secnra cermat bukan  kemarnpuan  siswa/mahasiswa yang
              rendah  tetapi  kemampuan  belajarnya yang  rendah,  learning habit
             belurn terbentuk dengan baik. Kebanyakan para siswa/rnahasiswa
             sangat  pasif  dalam   pembelajaran.  Memang  tidak  dapat
             disalahkan  karena  gaya  pengajaran  dan  pembelajaran  sejak
              taman  kanak-kanak,  sekolah  dasar  sampai  kepada  PT  secara
             rnonolog  yang  rnenempatkan  para  siswa/rnahasiswa   hanya
             sebagai obyek dalam pembelajaran.


             3.  Sumber Belajar
                     Ketiadaan  dan  kekurangan  surnber belajar menjadi  salah
             satu  fCJktor  yang  menyebabkan  pembelajaran  menjadi  tidak
             rnenank.  SHorang  siswa/mahasiswa  hanya  tergantung  kepada
             guru/dosen  yang  Ieiah  memiliki  sumber  belajar  tersebut.  Pada
             sekolah-sekolah  dan  PT  di  daerah  yang  sangat  langka  dengan
             kelengkapan  buku  menjadi  masalah  besar.  Siswa/mahasiswa



             10
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31