Page 21 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 21
( akmwnln Pendidiknn 2
Namun pertanyaan yang mendasar adalah "Perubahan
apa yang harus dilakukan dan ke arah mana perubahan itu
sendiri?" Dalam perjalanan panjang sejak Proklamasi
Kemerdekaan pada tahun 1945 di mana semua bentuk kehidupan
termasuk bidang pendidikan yang selalu diatur, tunduk, patuh,
dan berserah kepada pemerintah pusat akan sangat sulit untuk
melangkah tanpa arah, kerangka, dan strategi yang jelas.
Kalau ditelaah satu-persatu maka agenda pembenahan
sangat banyak dan membutuhkan ruang dan waktu yang panjang.
Pembenahan dilakukan sejak pendidikan awal bagi seorang anak
pada taman kanak-kanak sampai kepada pendidikan di tingkat
PT. Perubahan ini jelas tidak mudah dan membutuhkan
pemikiran. tenaga dan perjalanan waktu yang cukup panjang.
Untuk itu pengelola pendidikan hendaknya berinisiatif memilih dan
memilah serta melakukan terobosan untuk mengembangkan
sistem pendidikan di lembaga pendidikan masing-masing.
Pengelola pendidikan harus menyusun suatu master plan atau
buku rencana induk pengembangan yang lengkap dan jelas
sebagai 'buku pintar' yang mengatur secara lengkap tahapan
perubahan tersebut agar dapat memberikan arah dan kerangka
yang jelas dari perubahan tersebut, di samping dapat mencegah
kes1mpangsiuran, ketidak-efektifan, dan pemborosan biaya yang
tidak perlu.
A. Sistem Pendidikan Saat lni
Perkembangan dan perubahan dalam berbagai aspek
kehidupan; sosial, ekonomi, budaya dan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) kelihatannya tidak banyak
menyentuh dan berpengaruh terhadap sistem pendidikan di
Indonesia saat ini, mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar
sampai kepada PT. Terobosan kemajuan ilmu pengetahuan
5