Page 21 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 21

( akmwnln Pendidiknn 2



            Namun  pertanyaan  yang  mendasar  adalah  "Perubahan
     apa  yang  harus  dilakukan  dan  ke  arah  mana  perubahan  itu
     sendiri?"   Dalam   perjalanan   panjang   sejak   Proklamasi
     Kemerdekaan pada tahun  1945 di mana semua bentuk kehidupan
     termasuk  bidang  pendidikan  yang  selalu  diatur,  tunduk,  patuh,
     dan  berserah  kepada  pemerintah  pusat  akan  sangat  sulit  untuk
     melangkah tanpa arah, kerangka, dan  strategi yang jelas.
            Kalau  ditelaah  satu-persatu  maka  agenda  pembenahan
     sangat banyak dan  membutuhkan ruang dan waktu yang panjang.
     Pembenahan dilakukan sejak pendidikan  awal bagi  seorang  anak
     pada  taman  kanak-kanak  sampai  kepada  pendidikan  di  tingkat
     PT.  Perubahan  ini  jelas  tidak  mudah  dan  membutuhkan
     pemikiran.  tenaga  dan  perjalanan  waktu  yang  cukup  panjang.
     Untuk  itu  pengelola pendidikan hendaknya berinisiatif memilih dan
     memilah  serta  melakukan  terobosan  untuk  mengembangkan
     sistem  pendidikan  di  lembaga  pendidikan  masing-masing.
     Pengelola  pendidikan  harus  menyusun  suatu  master  plan  atau
     buku  rencana  induk  pengembangan  yang  lengkap  dan  jelas
     sebagai  'buku  pintar'  yang  mengatur  secara  lengkap  tahapan
     perubahan  tersebut  agar  dapat  memberikan  arah  dan  kerangka
     yang  jelas  dari  perubahan  tersebut,  di  samping  dapat  mencegah
     kes1mpangsiuran,  ketidak-efektifan,  dan  pemborosan  biaya  yang
     tidak perlu.

     A.  Sistem Pendidikan Saat lni

            Perkembangan  dan  perubahan  dalam  berbagai  aspek
     kehidupan;  sosial,  ekonomi,  budaya  dan  perkembangan  ilmu
     pengetahuan  dan  teknologi  (IPTEK)  kelihatannya  tidak  banyak
     menyentuh  dan  berpengaruh  terhadap  sistem  pendidikan  di
     Indonesia  saat  ini,  mulai  dari  taman  kanak-kanak,  sekolah  dasar
     sampai  kepada  PT.  Terobosan  kemajuan  ilmu  pengetahuan




                                                               5
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26