Page 37 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 37
Cnkrnwnln Pendidiknn 2
Perubahan ini harus direncanakan dengan baik dan
sangat berhati-hati serta memerlukan suatu strategi dan tahapan
yang direncanakan secara baik dan matang. Pendekatan konsep
perubahan ini dapat melalui em pat aspek yaitu (1) perubahan
paradigma masyarakat pembelajaran; (2) pengembangan content;
(3) pengembangan resources atau sumber daya; dan (4) proses
pembelajaran itu sendiri.
1. Mengubah Paradigma Masyarakat Pembelajar
Masyarakat lembaga pendidikan yang terdiri dari
pengelola pendidikan, guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan
karyawan serta juga orang tua/wali harus diberikan pengertian
dan makna secara mendalam tentang proses pendidikan dan
pembelajaran. Pemahaman tentang pembelajaran bukan berarti
bahwa siswa/mahasiswa sebagai obyek dalam pembelajaran
yang hanya pasif menerima dan menelan semua informasi yang
diberikan oleh guru/dosen, namun siswa/mahasiswa sebagai
subjek pelaku pembelajaran haruu idorong mempelajari sendiri
tanpa bantuan dari para guru/dosennya. Budaya teacher teaching
harus diubah dan diganti dengan student learning atau teacher
center diganti dengan student activity. Siswa/mahasiswa harus
aktif dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran
menjadi suatu aktifitas yang menarik. Di sisi lain guru/dosen juga
harus memahami dengan baik tentang mekanisme proses
pembelajaran yang menempat-kan siswa/mahasiswa sebagai
pelaku belajar. Guru/dosen harus mengetahui bahwa dalam
pembelajaran, guru/dosen tidak mengajari tetapi kehadiran
guru/dosen menyebabkan siswa/ mahasiswa belajar.
Menurut teori Constructivism yang dikembangkan oleh
Von Glasserfeld, pembentukan pengetahuan seseorang dilakukan
sendiri oleh orang itu dan bukan oleh guru/dosennya sehingga
21