Page 41 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 41
Cakrmt•aln Pendidikan 2
3. Mengembangkan Content
Sejalan dengan penyiapan sarana komunikasi pembel-
ajaran harus dilakukan penyediaan content pembelajaran secara
baik. Penyiapan content berupa penyusunan kurikulum dan
satuan acara perkuliahan atau agenda pembelajaran.
Penyusunan kurikulum diawali dengan menentukan
tujuan dan kompetensi proses pembelajaran baik program studi
pada PT maupun tingkat sekolah dasar, dan menengah. Tujuan
dan kompetensi proses pembelajaran dijabarkan pada bidang
ilmu pengetahuan dan keterampilan yang harus diberikan. Dari
bidang ilmu tersebut dijabarkan dalam bentuk mata pelajaran/
mala kullah yang mewakili bidang tersebut. Yang penting untuk
diperhatikan adalah jumlah mata pelajaran atau mata kuliah tidak
perlu terlalu banyak sehingga para siswa/mahasiswa memiliki
kedalaman ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari.
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) atau agenda
pembelajaran harus menekankan kepada hasil pembelajaran,
mekanisme pembelajaran, dan mengaktifkan siswa/mahasiswa
dalam proses pembelajaran. Ada lima butir penting yang harus
ada dan diperhatikan oleh guru/dosen dan siswa/mahasiswa
dalam setiap pertemuan atau setiap modul yaitu.
a Materi dan pokok bahasan
b Sumber bahan/pustaka/referensi
c Hasil pembelajaran
d Mekanisme pembelajaran dan tingkat Taxonomy Bloom
e Kriteria evaluasi
Semua butir tersebut tidak ada yang baru, namun
seringkali dilupakan atau diabaikan oleh guru/dosen dan
siswa/mahasiswa dalam pembelajaran. Yang menjadi perhatian
hanya materi dan pokok bahasan dan sumber bahan, sedangkan
aspek lainnya diabaikan. Dengan demikian pembelajaran hanya
25