Page 50 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 50

S11niatmo.  Sisrr•m  r\fmwj!'llll'll  K11alira.1  1111T11k  ..



             1.  Prinsip Manajemen Kualitas
                     Untuk  memimpin  dan  menjalankan  organisasi  yang
             bert1asil  diperlukan  pengarahan  dan  pengontrolan  organisasi
             secara  sistematik  dan  transparan.  Prinsip  manajemen  kualitas
             berikut  dapat  digunakan  oleh  pimpinan  organisasi  untuk
             membawa peningkatan kemampuan organisasinya.


             a.  Fokus terhadap pelanggan
                     Organisasi  tergantung  pada  pelanggan.  Oleh  karena  itu.
             organisasi  harus  memahami  kebutuhan  pelanggan  saat  ini  dan
             mendatang.  memahami  persyaratan  pelanggan,  dan  berusaha
             dengan sungguh-sungguh memenuhi harapan pelanggan.
                     Manfaat prinsip ini, antara lain, adalah sebagai berikut.
             •   peningkatan  efektivitas  penggunaan  sumber  daya  untuk
                 memenuhi kepuasan pelanggan, dan
             •   peningkatan kepercayaan pelanggan.
                    Penerapan  prinsip  ini  mengarahkan.  antara  lain,  hal
             berikut.
             •   penerapan  kegiatan  penelitian  terhadap  kebutuhan  dan
                 harapan pelanggan,
             •   pemastian  bahwa  tujuan  organisasi  berkaitan  langsung
                 dengan kebutuhan dan harapan pelanggan,
             •   penyebarluasan  kebutuhan  dan  harapan  pelanggan  ke
                 seluruh satuan organisasi,
             •   pengukuran  kepuasan  pelanggan  dan  melakukan  tindakan
                 atas hasilnya, dan
             •   Pengelolaan secara sistematik hubungan dengan pelanggan.










             34
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55