Page 52 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 52
Slttiiamw. Si11e111 Mimniemen Kunlirns umuk.
• personal terangsang berinovasi dan berkreativitas, dan
• personal berkeinginan untuk berpartisipasi dan berkontribusi
untuk perbaikan terus-menerus.
Penerapan prinsip ini mengarahkan, antara lain, hal
berikut.
• personal memahami pentingnya kontribusi dan peran mereka
dalam organisasi,
• personal memahami keterbatasan kemampuannya,
• personal mengevaluasi kemampuannya terhadap tujuan
personalnya,
• personal secara aktif mencari kesempatan untuk meningkat-
kan kompetensinya, pengetahuannya, dan pengalamannya,
dan
• personal bebas bertukar pengetahuan dan pengalaman.
d. Pendekatan Proses
Suatu hasil yang diinginkan dapat diperoleh secara lebih
efisien jika aktivitas dan sumber daya yang terkait dikelola
sebagai proses.
Manfaat prinsip ini, antara lain. adalah sebagai berikut.
• biaya rendah dan pemakaian sumber daya efektif,
• hasil akan konsisten dan terperkirakan, dan
• peluang menjadi lebih terfokus dan mendapat prioritas.
Penerapan prinsip ini mengarahkan, an tara lain, hal
berikut.
• pendefinisian secara sistematik aktivitas yang diperlukan
untuk memperoleh hasil,
• penyusunan tanggung-jawab yang jelas dan akuntabilitas
untuk mengelola aktivitas kunci.
• pelaksanaan pengukuran dan analisis terhadap kemampuan
aktivitas kunci,
36