Page 52 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 52

Slttiiamw.  Si11e111  Mimniemen  Kunlirns umuk.



            •   personal terangsang berinovasi dan berkreativitas, dan
            •   personal  berkeinginan  untuk  berpartisipasi  dan  berkontribusi
                untuk perbaikan terus-menerus.
                    Penerapan  prinsip  ini  mengarahkan,  antara  lain,  hal
            berikut.
            •   personal  memahami pentingnya  kontribusi  dan  peran  mereka
                dalam organisasi,
            •   personal memahami keterbatasan kemampuannya,
            •   personal  mengevaluasi  kemampuannya  terhadap  tujuan
                personalnya,
            •   personal  secara  aktif  mencari  kesempatan  untuk  meningkat-
                kan  kompetensinya,  pengetahuannya,  dan  pengalamannya,
                dan
            •   personal bebas bertukar pengetahuan dan pengalaman.


            d.   Pendekatan Proses
                    Suatu  hasil  yang  diinginkan  dapat diperoleh  secara  lebih
            efisien  jika  aktivitas  dan  sumber  daya  yang  terkait  dikelola
            sebagai proses.
                    Manfaat prinsip ini, antara lain. adalah sebagai berikut.
            •   biaya rendah dan pemakaian sumber daya efektif,
            •   hasil akan konsisten dan terperkirakan, dan
            •   peluang menjadi lebih terfokus dan mendapat prioritas.
                    Penerapan  prinsip  ini  mengarahkan,  an tara  lain,  hal
            berikut.
            •   pendefinisian  secara  sistematik  aktivitas  yang  diperlukan
                untuk memperoleh hasil,
            •   penyusunan  tanggung-jawab  yang  jelas  dan  akuntabilitas
                untuk mengelola aktivitas kunci.
            •   pelaksanaan  pengukuran  dan  analisis  terhadap  kemampuan
                aktivitas kunci,




            36
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57