Page 241 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 241

Cliailmu,  O!mlollli Pend1!1ikan: Suaru  Tmiauan.



          keterampilan  (transfer  of knowledge,  technology  and  skills).  Di
          samping  itu  pendidikan  harus  segera berubah  dari yang  awalnya
          mengacu  pada  ilmu  pedagogi  (yang  menitikberatkan  pada
          keg1atan  anak balita sampai selesainya sang anak melewati masa
          pubertas),  menuju  yang  mengacu  pada  ilmu  andragogi  yang
          dalam   Garis  Besar  Haluan  Negara  (GBHN)  merupakan
          pendidikan  seumur  hidup  (long  life  education)  (Kelompok  Pekan
          Lembaga PengkaJian  :Jan  Pengembangan Pendidikan,  1999).
                 Degeng  (2001)  menyatakan  bahwa  memasuki  era
          pascabaru  pendidikan  yang  ditandai  oleh  kesemrawutan  global
          tidak  lagi  dilihat  sebagai  upaya  untuk  menyiapkan  anak  untuk
          memasuki masa depan,  tetapi  suatu  proses  agar seseorang  bisa
          hidup  kapanpun  di  manapun  dan  dalam  situasi  apapun.  Oleh
          karena  itu.  menurut  Degeng  tujuan  yang  terpenting  dari
          pendidikan  adalah  mengembangkan  kemampuan  mental  yang
          memungkinkan  seseorang dapat belajar.  Jadi  belajar  itu  sendiri-
          lah  yang  menjadi  tujuan  pendidikan,  bukan  semata-mata  pada
          hasil belajarnya.
                 Misi  pendidikan  nasional  yang  tercakup  dalam  GBHN
          1999  akan  mewujudkan  sistem  dan  iklim  pendidikan  nasional
          yang  demokratis dan  bermutu,  guna  memperteguh  akhlak  mulia,
          kreatif,   inovatif,   berwawasan  kebangsaan,  cerdas,  sehat,
          berdisiplin,  bertanggung jawab,  berketerampilan  serta  menguasai
          IPTEK   dalam   rangka   mengembangkan    kualitas   manusia
          Indonesia  (Soedjiarto,  1999).  Untuk  mewujudkan  misi  tersebut
          perlu   penerapan  arah   kebijakan  antara  lain   melakukan
          pembaharuan  pendidikan  (hardware  dan  software)  khususnya
          dalam  sistem  pendidikan  nasional  yang  meliputi  pemberdayaan
          lembaga,  peningkatan  kualitas  akademik  dan  profesionalisme,
          kesejahteraan  tenaga  kependidikan,  serta  perbaikan  dalam
         bidang kurikulum.





         224
   236   237   238   239   240   241   242   243   244   245   246