Page 241 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 241
Cliailmu, O!mlollli Pend1!1ikan: Suaru Tmiauan.
keterampilan (transfer of knowledge, technology and skills). Di
samping itu pendidikan harus segera berubah dari yang awalnya
mengacu pada ilmu pedagogi (yang menitikberatkan pada
keg1atan anak balita sampai selesainya sang anak melewati masa
pubertas), menuju yang mengacu pada ilmu andragogi yang
dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) merupakan
pendidikan seumur hidup (long life education) (Kelompok Pekan
Lembaga PengkaJian :Jan Pengembangan Pendidikan, 1999).
Degeng (2001) menyatakan bahwa memasuki era
pascabaru pendidikan yang ditandai oleh kesemrawutan global
tidak lagi dilihat sebagai upaya untuk menyiapkan anak untuk
memasuki masa depan, tetapi suatu proses agar seseorang bisa
hidup kapanpun di manapun dan dalam situasi apapun. Oleh
karena itu. menurut Degeng tujuan yang terpenting dari
pendidikan adalah mengembangkan kemampuan mental yang
memungkinkan seseorang dapat belajar. Jadi belajar itu sendiri-
lah yang menjadi tujuan pendidikan, bukan semata-mata pada
hasil belajarnya.
Misi pendidikan nasional yang tercakup dalam GBHN
1999 akan mewujudkan sistem dan iklim pendidikan nasional
yang demokratis dan bermutu, guna memperteguh akhlak mulia,
kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat,
berdisiplin, bertanggung jawab, berketerampilan serta menguasai
IPTEK dalam rangka mengembangkan kualitas manusia
Indonesia (Soedjiarto, 1999). Untuk mewujudkan misi tersebut
perlu penerapan arah kebijakan antara lain melakukan
pembaharuan pendidikan (hardware dan software) khususnya
dalam sistem pendidikan nasional yang meliputi pemberdayaan
lembaga, peningkatan kualitas akademik dan profesionalisme,
kesejahteraan tenaga kependidikan, serta perbaikan dalam
bidang kurikulum.
224