Page 110 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 110

1,;/tl.  l'tndulikan  /!!'IJ.uaiiras  .\/l'ialui Sd,,lnh



             n1enyenangkan  guru.  kemampauan  untuk  mengatasi  gangguan
             emosional.  kemampuan  untuk membangun persahabatan dengan
             tertlan  sejawat.  dan  sebagainya  yang  belum  tentu  semuanya
             sP.SLJCil  dengan  IUJUan  pendidikan  yang  dlcita-citakan.  Dalam
             heherapa  hal  pengaruh  kurikulum  tersembunyi  ini  sangat  besar
             iliiCJI  kehidupan  anak. dan sayangnya banyak pula yang  diabaikan
             guru

             2.  Pembelajaran

                    Pembelajaran  JUga  bens1kan  dua  aspek  yaitu  formal  dan
             1nformal.  PemlJelaJaran  formal  terencana  umumnya  berlangsung
             d1  ruc;ng  kelas  atau  lmgkungan  lainnya  yaitu  pada  saat  siswa
             berhuhungan  dengan  kurikulum  formal.  Sedangkan  pembelajaran
             1nformal  cl1maksuclkan  untuk  mencapai  tujuan  kurikulum  yang
             tersembuny1  dan yang d1rancang guru,  namun  lldak berhubungan
             cJengan  pfmgaJaran formal.


             3.  Pengajaran
                    Pengajaran juga terdiri alas dua  bagian  yaitu  formal atau
             cliclaktik  clan  modelling.  Pengajaran  formal  berlangsung  melalui
             interaksi  verbal  antara  guru  dan  siswa  yang  berkaitan  langsung
             rlengan  kurikulum  formal.  Modelling terjadi  melalui contoh-contoh
             pnlaku guru yang d1llru  oleh siswa.


             4.  Persekolahan
                    Persekolahan sebagai komunitas mengandung dua aspek
             utama  yang  menggambarkan  outcomes  besar  pendid1kan,  yaitu
             komunitas  akademik  dan  komun1tas  moral.  Komunitas  akademik
            climaksuclkan  untuk  mencapai  kemampuan  intelektual  yang





            94
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115