Page 110 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 110
1,;/tl. l'tndulikan /!!'IJ.uaiiras .\/l'ialui Sd,,lnh
n1enyenangkan guru. kemampauan untuk mengatasi gangguan
emosional. kemampuan untuk membangun persahabatan dengan
tertlan sejawat. dan sebagainya yang belum tentu semuanya
sP.SLJCil dengan IUJUan pendidikan yang dlcita-citakan. Dalam
heherapa hal pengaruh kurikulum tersembunyi ini sangat besar
iliiCJI kehidupan anak. dan sayangnya banyak pula yang diabaikan
guru
2. Pembelajaran
Pembelajaran JUga bens1kan dua aspek yaitu formal dan
1nformal. PemlJelaJaran formal terencana umumnya berlangsung
d1 ruc;ng kelas atau lmgkungan lainnya yaitu pada saat siswa
berhuhungan dengan kurikulum formal. Sedangkan pembelajaran
1nformal cl1maksuclkan untuk mencapai tujuan kurikulum yang
tersembuny1 dan yang d1rancang guru, namun lldak berhubungan
cJengan pfmgaJaran formal.
3. Pengajaran
Pengajaran juga terdiri alas dua bagian yaitu formal atau
cliclaktik clan modelling. Pengajaran formal berlangsung melalui
interaksi verbal antara guru dan siswa yang berkaitan langsung
rlengan kurikulum formal. Modelling terjadi melalui contoh-contoh
pnlaku guru yang d1llru oleh siswa.
4. Persekolahan
Persekolahan sebagai komunitas mengandung dua aspek
utama yang menggambarkan outcomes besar pendid1kan, yaitu
komunitas akademik dan komun1tas moral. Komunitas akademik
climaksuclkan untuk mencapai kemampuan intelektual yang
94