Page 109 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 109

Cnkrmmln Pendidiknn 2



             Modal sosial  yang  tinggi  hanya  dapat dibanngun  melalui
     kepercayaan  yang  berkembang  antara  kepala  sekolah  dan
     guru/stat, antara guru dan  siswa,  antara guru dan orangtua siswa.
     dan  antara  sesama  siswa.  Dari  kepercayaan  ini  dengan  mudah
     akan  terbangun  network.  Guru  tanpa  sungkan  berbagi  pengeta-
     huan  dan  pengalaman  dengan  sesama  guru,  dan  siswa  bersedia
     bekerjasama untuk tugas-tugas sekolah mereka.Dengan demikian
     modal sosial itu ibarat pelumas bagi sebuah mesin dan karenanya
     sangat penting  untuk memperlicin pencapaian tujuan  pendidikan,
     baik  yang termasuk dalam ranah  intelektual maupun ranah  moral.

     B.  Keterkaitan Konsep lnduk

             Konsep induk (outcomes,  leverage,  modal intelektual, dan
     modal  sosial)  sudah  barang  tentu  tidak  berdiri  sendiri-send1ri.  Ke
     empat  konsep  ini  harus  dikaitkan  dengan  subordinate  konsep
     yaitu:  (1)  outcome~ dengan  kurikulum;  (2)  modal  intelektual  ~
     dengan  learning  (pembelajaran);  (3)  leverage   ~  dengan
     pengajaran;  dan  (4)  modal  sosial  ~ dengan  sekolah  sebagai
     suatu komuniti.

     1.  Kurikulum

            Kurikulum mengandung dua aspek, yaitu formal dan yang
     tersembunyi  (hidden  cumculum).  Kurikulum  formal  terutama
     berkenaan  dengan  pengetahuan.  keterampilan,  dan  pemahaman
     yang  diinginkan  guru  untuk  dikuasai  oleh  murid-muridnya.
     Kurikulum  formal  juga  dimaksudkan  agar  anak  mampu  berpikir
     dan bertindak sesuai dengan nilai moral yang terpuji.
            Sedangkan  kurikulum  tersembunyi  berkenaan  dengan
     apa  yang dipelajari oleh  siswa  sebagai  hasil  partisipasi mereka di
     sekolah.  tetapi  yang  tidak  direncanakan  dalam  kurikulum  resmi.
     Kurikulum  tersembunyi  misalnya  berkenaan  dengan  bagaimana




                                                              93
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114