Page 107 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 107

Cokrmmla  l'mdidiko11  :



     2.  Leverage dan  Cara untuk mencapainya

            Leverage d1maksudkan  untuk menggambarkan  hubungan
     antara  guru-mput-output kependidikan.  Perubahan  pada  kemam-
     puan  intelektual  dan  moral  anak  didik  tergantung  pada  tingkat
     energ1  atau  upaya  yang  dJkeluarkan  oleh  guru.  Ada  empat
     kemungkinan yang terJadi,  ya1tu  guru mengeluarkan:
     a.  energi  yang  cukup  tmggi  tetapi  berdampak  kecil  terhadap
         perubahan  intelektual  dan  moral  anak  didik.  Akibalnya  guru
         menJadi frustas1  dan kelelahan;
     b.  energi  yang tinggi dengan dampak yang linggi letapi  efeknya
         t1dak  bertahan lama;
     c.  energi rendah dan dengan hasil yang juga rendah: dan
     d.  energi rendah tetapi dengan hasil yang t1nggi.
            Tantangan  pada  guru  adalah  bagaimana  agar  dengan
     energi  yang  tidak  terlalu  besar  tetapi  mencapai  hasil  yang  tinggi
     {kemungkinan  ke empat).  Keadaan  mi  d1sebut  high leverage yang
     dapat terjadi jika guru  bekeqasama dalam  menghadap1 lantangan
     dan  1novasi  yang  sedang  berlangsung.  Kerja  keras  saJa  lidak
     cukup.  Yang  leb1h  utama  adalah  bagaimana  melakukan  sesualu
     atau memecahkan masalah secara lebih smart atau cerdik.
            Kerja  keras  tidak  mendorong  lahirnya  kreasi  baru  dan
     inovasi.  Rekan-rekan  kita  di  desa  bekerja  keras  luar  biasa.
     Namun  dengan  cara  dan  alai  yang  hamp1r  tidak  pernah  berubah
     sejak  puluhan  bahkan  mungk1n  ratusan  lahun  yang  lalu.  Begitu
     pula  tidak  sedikit  JUmlahnya  guru  dan  kepala  sekolah  yang  Ieiah
     bekeqa keras, namun mungkin belum bekerja secara cerdik.
            Kreasi  baru  dan  inovasi  hanya  mungkin  limbul  dengan
     cara  work  smarter.  Bekerja  dengan  cerdik  selalu  dicambuk  oleh
     semangat  dan  tantangan  bagaimana  melakukan  dan  mcnghasil-
     kan  sesuatu dengan mudah.  praktis, efisien.  namun produklif.  Era
     globallsasi  lebih  memerlukan  mereka  yang  work  smarter.  Orang






                                                              91
   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112