Page 107 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 107
Cokrmmla l'mdidiko11 :
2. Leverage dan Cara untuk mencapainya
Leverage d1maksudkan untuk menggambarkan hubungan
antara guru-mput-output kependidikan. Perubahan pada kemam-
puan intelektual dan moral anak didik tergantung pada tingkat
energ1 atau upaya yang dJkeluarkan oleh guru. Ada empat
kemungkinan yang terJadi, ya1tu guru mengeluarkan:
a. energi yang cukup tmggi tetapi berdampak kecil terhadap
perubahan intelektual dan moral anak didik. Akibalnya guru
menJadi frustas1 dan kelelahan;
b. energi yang tinggi dengan dampak yang linggi letapi efeknya
t1dak bertahan lama;
c. energi rendah dan dengan hasil yang juga rendah: dan
d. energi rendah tetapi dengan hasil yang t1nggi.
Tantangan pada guru adalah bagaimana agar dengan
energi yang tidak terlalu besar tetapi mencapai hasil yang tinggi
{kemungkinan ke empat). Keadaan mi d1sebut high leverage yang
dapat terjadi jika guru bekeqasama dalam menghadap1 lantangan
dan 1novasi yang sedang berlangsung. Kerja keras saJa lidak
cukup. Yang leb1h utama adalah bagaimana melakukan sesualu
atau memecahkan masalah secara lebih smart atau cerdik.
Kerja keras tidak mendorong lahirnya kreasi baru dan
inovasi. Rekan-rekan kita di desa bekerja keras luar biasa.
Namun dengan cara dan alai yang hamp1r tidak pernah berubah
sejak puluhan bahkan mungk1n ratusan lahun yang lalu. Begitu
pula tidak sedikit JUmlahnya guru dan kepala sekolah yang Ieiah
bekeqa keras, namun mungkin belum bekerja secara cerdik.
Kreasi baru dan inovasi hanya mungkin limbul dengan
cara work smarter. Bekerja dengan cerdik selalu dicambuk oleh
semangat dan tantangan bagaimana melakukan dan mcnghasil-
kan sesuatu dengan mudah. praktis, efisien. namun produklif. Era
globallsasi lebih memerlukan mereka yang work smarter. Orang
91