Page 106 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 106

untuk  menjelaskan  mengapa  mutu  pendidikan  kita  anjlok  hingga
             ke dasar jurang sesungguhnya dapat dicari  dan ditelaah  di kelas
             dan sekolah.
                    lbarat  seorang  pemabuk  yang  Ieiah  kehllangan  uang
             logamnya  yang  sangat berharga di  tengah  semak belukar. namun
             yang  1a  lakukan  adalah  mencarinya  dibawah  lampu  jalanan  yang
             ter;:mg  benclerang.  Perumpamaan  ini  sesuai  untuk  melukiskan
             llagaimana  penclekatan  kita  dalam  memecahkan  masalah
            nenrlirlikan  dalam  bebempa  tahun  belakangan.  Memang  terasa
             rnRnyak1tkan  hall.

             A.  Empat Konsep lnduk

                    Menu rut  Hargreaves (2001 ),  teori mengenai sekolah yang
            nfP.ktlf  mRnganclung  empat  konsep  induk:  ( 1)  outcomes  yang
            hAnclak  dicapai.  (2)  leverage  atau  strategi  dan  cara  untuk
            men~apainya. (3)  modal intelektual, dan (4) modal sosial.

             1.  Outcomes yang Hendak Dicapai

                    Outcomes  (overt dan  umntended)  yang  mencakup  aspek
            kognl!if  dan  moral  d1rnaksudkan  agar  anak  didik  kelak  menjadi
            warganegara  yang  mampu  memperoleh  dan  menciptakan
            kehidupan  yang  baik  (good /!fe)  bagi  dirinya  dan  bagi  orang  lain.
            Good  life  yang  identik  dengan  eudaimonia  atau  happiness,
            menurut  Aristoteles  bukan  diukur  dari  keadaan  pikiran  atau
            perasaan  kita  tetapi  dari  kualitas  perilaku  atau  disposisi  yang
            mendasari  perbuatan  kita.  Dengan  demikian  hasil  pendidikan
            hanya  layak  disebut  sebagai  outcomes  jika  lulusannya  lebih
            ban yak  melakukan  kegiatan  terpuji  (virtuous  activities)  daripada
            yang  merugikan  dirinya  dan  orang  lain.  Dengan  demikian  tugas
            utama  pendidikan  adalah  mengambil  inisiatif  dan  tindakan  agar
            generasi  muda  sampai  pada  tingkat  terpuji  baik  dalam  aspek
            intelektual maupun moral (intellectual dan  moral excellences).


            90
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111