Page 106 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 106
untuk menjelaskan mengapa mutu pendidikan kita anjlok hingga
ke dasar jurang sesungguhnya dapat dicari dan ditelaah di kelas
dan sekolah.
lbarat seorang pemabuk yang Ieiah kehllangan uang
logamnya yang sangat berharga di tengah semak belukar. namun
yang 1a lakukan adalah mencarinya dibawah lampu jalanan yang
ter;:mg benclerang. Perumpamaan ini sesuai untuk melukiskan
llagaimana penclekatan kita dalam memecahkan masalah
nenrlirlikan dalam bebempa tahun belakangan. Memang terasa
rnRnyak1tkan hall.
A. Empat Konsep lnduk
Menu rut Hargreaves (2001 ), teori mengenai sekolah yang
nfP.ktlf mRnganclung empat konsep induk: ( 1) outcomes yang
hAnclak dicapai. (2) leverage atau strategi dan cara untuk
men~apainya. (3) modal intelektual, dan (4) modal sosial.
1. Outcomes yang Hendak Dicapai
Outcomes (overt dan umntended) yang mencakup aspek
kognl!if dan moral d1rnaksudkan agar anak didik kelak menjadi
warganegara yang mampu memperoleh dan menciptakan
kehidupan yang baik (good /!fe) bagi dirinya dan bagi orang lain.
Good life yang identik dengan eudaimonia atau happiness,
menurut Aristoteles bukan diukur dari keadaan pikiran atau
perasaan kita tetapi dari kualitas perilaku atau disposisi yang
mendasari perbuatan kita. Dengan demikian hasil pendidikan
hanya layak disebut sebagai outcomes jika lulusannya lebih
ban yak melakukan kegiatan terpuji (virtuous activities) daripada
yang merugikan dirinya dan orang lain. Dengan demikian tugas
utama pendidikan adalah mengambil inisiatif dan tindakan agar
generasi muda sampai pada tingkat terpuji baik dalam aspek
intelektual maupun moral (intellectual dan moral excellences).
90