Page 307 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 307
Metode Instruksional 279
juga digunakan untuk menyegarkan keterampilan yang sudah
dimiliki peserta didik.
Pada umumnya metode instruksional latihan dan praktik
yang efektif dilengkapi dengan umpan balik dan feedback,
gunanya untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan oleh
peserta didik. Di samping itu, pemakaian metode instruksional
ini mengasumsikan bahwa peserta didik telah memperoleh
pelajaran tentang konsep, prinsip dan prosedur yang akan
dipraktikkan.
Menurut Henich (1996), jika peserta didik melakukan berkali-
kali latihan atau secara terus menerus terhadap apa yang sudah
dipelajari, peserta didik akan menguasai keterampilan tersebut
dengan sempurna dan dapat memicu kemampuan mengingat
peserta didik. Mata rantai latihan ini berlanjut sampai pelajaran
diakhiri oleh peserta didik atau programnya. Lebih jauh
prosedur dasar tersebut dapat dilihat dalam gambar berikut ini:
Metode instruksional Latihan & praktik dirancang
dengan asumsi bahwa peserta didik telah memperoleh
materi pelajaran tentang konsep, prinsip dan prosedur
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN