Page 307 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 307

Metode Instruksional       279


               juga digunakan untuk menyegarkan keterampilan yang  sudah
               dimiliki peserta didik.


               Pada  umumnya  metode  instruksional  latihan  dan  praktik
               yang  efektif  dilengkapi  dengan  umpan  balik  dan  feedback,
               gunanya untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan oleh
               peserta didik. Di samping itu, pemakaian metode instruksional
               ini  mengasumsikan  bahwa  peserta  didik  telah  memperoleh

               pelajaran  tentang  konsep,  prinsip  dan  prosedur  yang  akan
               dipraktikkan.

               Menurut Henich (1996), jika peserta didik melakukan berkali-
               kali latihan atau secara terus menerus terhadap apa yang sudah

               dipelajari, peserta didik akan menguasai keterampilan tersebut
               dengan sempurna dan dapat memicu kemampuan mengingat
               peserta didik. Mata rantai latihan ini berlanjut sampai pelajaran
               diakhiri  oleh  peserta  didik  atau  programnya.  Lebih  jauh

               prosedur dasar tersebut dapat dilihat dalam gambar berikut ini:
















                           Metode instruksional Latihan & praktik dirancang
                     dengan asumsi bahwa peserta didik telah memperoleh
                     materi pelajaran tentang konsep, prinsip dan prosedur



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   302   303   304   305   306   307   308   309   310   311   312