Page 311 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 311

Metode Instruksional       283


                     masalah belajar yang ditemuinya. Pemecahan masalah
                     adalah  bagaimana    menemukan    jalan    keluar    dari

                     suatu  yang  sukar  dan  penuh  tantangan  agar  dapat
                     mencapai  tujuan  yang  ingin  dicapainya.  Pemecahan

                     masalah merupakan suatu proses  berpikir dan aplikasi
                     dari  pengetahuan  yang  telah  diperoleh  sebelumnya.
                     Berbagai  pandangan  dikemukakan  oleh  para  ahli

                     mengenai  proses  pemecahan  masalah  ini.  Menurut
                     Polya,  ada  lima  langkah  pemecahan  masalah  yang

                     dapat  menjadi  penuntun  untuk  guru  dan  peserta  didik
                     melaksanakan pemecahan masalah di kelas. Tugas guru
                     dalam hal ini adalah, Pertama, menggunakan penuntun,

                     mengarahkan  peserta  didik  menyelesaikan  masalah.
                     Kedua, memberikan peserta didik untuk menggunakan
                     penuntun  ini  dalam  menyelesaikan  masalah  mereka.

                     Penuntun pemecahan masalah tersebut adalah,
                     1)  Menyajikan masalah dalam bentuk umum.
                     2)  Menyajikan kembali masalah dalam bentuk yang

                         lebih operasional.
                     3)  Menentukan     strategi   atau   prosedur   untuk

                         menyelesaikan masalah.
                     4)  Menyelesaikan masalah.
                     5)  Menganalisa  dan  mengevaluasi  penyelesaian

                         masalah, strategi penyelesaian masalah, dan metode
                         menemukan strategi penyelesaian masalah.






                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   306   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316