Page 311 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 311
Metode Instruksional 283
masalah belajar yang ditemuinya. Pemecahan masalah
adalah bagaimana menemukan jalan keluar dari
suatu yang sukar dan penuh tantangan agar dapat
mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Pemecahan
masalah merupakan suatu proses berpikir dan aplikasi
dari pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya.
Berbagai pandangan dikemukakan oleh para ahli
mengenai proses pemecahan masalah ini. Menurut
Polya, ada lima langkah pemecahan masalah yang
dapat menjadi penuntun untuk guru dan peserta didik
melaksanakan pemecahan masalah di kelas. Tugas guru
dalam hal ini adalah, Pertama, menggunakan penuntun,
mengarahkan peserta didik menyelesaikan masalah.
Kedua, memberikan peserta didik untuk menggunakan
penuntun ini dalam menyelesaikan masalah mereka.
Penuntun pemecahan masalah tersebut adalah,
1) Menyajikan masalah dalam bentuk umum.
2) Menyajikan kembali masalah dalam bentuk yang
lebih operasional.
3) Menentukan strategi atau prosedur untuk
menyelesaikan masalah.
4) Menyelesaikan masalah.
5) Menganalisa dan mengevaluasi penyelesaian
masalah, strategi penyelesaian masalah, dan metode
menemukan strategi penyelesaian masalah.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN