Page 308 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 308
280 Metode Instruksional
yang akan dipraktikkan. Metode instruksional ini,
sebaiknya disesuaikan dengan tingkat kemampuan
peserta didik dan kebutuhan tujuan instruksional, yang
biasanya banyak menyajikan masalah-masalah. Latihan
baru diberikan setelah presentasi dan pengarahan,
di samping itu semua kegiatan harus berpusat pada
peserta didik. Fungsi utama latihan & praktik adalah
memberikan praktik sebanyak mungkin terhadap
kemampuan yang sudah dirumuskan dengan rentang
waktu tertentu. Waktu latihan secara relatif harus
singkat akan tetapi pengulangnya yang diperbanyak.
Latihan ini memberikan induvidu “pengajar” untuk
tiap peserta didik, karena terjadinya kemampuan
interaksi antara peserta didik dengan pengajar yang
menghasilkan respons. Disamping itu, memberikan
interaksi maksimun antara materi instruksional dan
peserta didik. Lebih lanjut prosedur dasar metode
instruksional latihan & praktik akan dijelaskan sebagai
berikut:
Langkah Pertama, Pengantar, dalam mengikuti
program ini adalah memberikan perhatian terhadap
frame yang tampil sebagai Pengantar. Frame yang
disajikan harus menarik perhatian peserta didik.
Penjelasan tentang apa yang diharapkan, dan pernyataan
yang berhubungan dengan kemampuan yang dibutuhkan
untuk menyelesaikan latihan.Informasi ini membantu
peserta didik untuk ikut serta dengan menjelaskan
PROFIL GURU MASA DEPAN