Page 312 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 312

284        Metode Instruksional





















                       Disisi  lain,  menurut  Gagne  &  Briggs  &  Wager,
                 Pertama,  dalam  proses  pemecahan  masalah  adalah

                 membatasi  pengertian  tentang  masalah  yang  akan
                 dipecahkan.  Kedua,  mengklasifikasi  urutan  tindakan.
                 Ketiga,  memilih  tindakan.  Keempat,  mengidentifikasi
                 kendala.  Kelima,  memecahkan  masalah.  Keenam,
                 melihat kembali pernyataan tentang tujuan.


                       Pada    dasarnya    menurut    pendapat    para    ahli,
                 ada  dua  langkah  dalam  memecahkan  masalah,  yaitu,
                 Pertama,  mempresentasikan  masalah.  Kedua,  tindakan
                 pemecahan  masalah  yang  digunakan.  Jika  strategi

                 pemecahan masalah yang digunakan berhasil mencapai
                 tujuan,  maka  persoalan  selesai.  Tetapi  apabila  tidak
                 berhasil,  harus  kembali  merumuskan  masalah  atau
                 mencari strategi pemecahan masalah yang lain.


                       Menurut Gagne, belajar dengan strategi pemecahan
                 masalah,  merupakan  cara  belajar  yang  kompleks  dan
                 yang paling tinggi tingkatannya dibandingkan dengan


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316   317