Page 309 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 309
Metode Instruksional 281
bentuk tugas dan persyaratan agar peserta didik dapat
ikut serta.
Langkah Kedua, Pemilihan Soal, yang dimaksud
dengan soal dalam hal ini adalah suatu pertanyaan atau
tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi
yang telah mengandung kemungkinan jawaban yang
harus dipilih atau dikerjakan oleh peserta didik. Prosedur
pemilihan soal ini, adalah sangat penting.Tujuannya
memilih soal adalah menentukan apa yang diketahui
dan tidak diketahui oleh peserta didik, dan perlu
dipertimbangkan kemungkinan perbedaan kesulitan
soal. Oleh karena itu, soal yang diberikan tidak sama
tingkat kesulitannya, sehingga diharapkan adanya
respons yang bervariasi. Menurut Dick & Carey (1978),
variasi perbedaan kesulitan soal merupakan faktor yang
penting dalam keefektifan latihan, tingkat kesulitan
tertentu, harus disesuaikan dengan praktik tertentu pula.
Langkah Ketiga, Pertanyaan & Respons, peserta
didik diberi kesempatan untuk mencoba beberapa
alternative jawaban yang sudah disiapkan sebelumnya
sampai pada jawaban yang benar. Menurut Hanaffin
& Peck (1988), pada latihan awal yang diutamakan
adalah ketepatan, kemudian barulah kecepatan dan pada
akhirnya kedua-duanya harus tercapai sebagai kesatuan.
Setiap butir soal atau pertanyaan tersebut mempunyai
jawaban atau ketentuan yang dianggap benar. Dengan
demikian, maka setiap butir soal menuntut keharusan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN