Page 309 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 309

Metode Instruksional       281


                    bentuk tugas dan persyaratan agar peserta didik dapat
                    ikut serta.


                         Langkah Kedua, Pemilihan Soal, yang dimaksud
                    dengan soal dalam hal ini adalah suatu pertanyaan atau
                    tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi
                    yang  telah  mengandung  kemungkinan  jawaban  yang
                    harus dipilih atau dikerjakan oleh peserta didik. Prosedur

                    pemilihan  soal  ini,  adalah  sangat  penting.Tujuannya
                    memilih  soal  adalah  menentukan  apa  yang  diketahui
                    dan  tidak  diketahui  oleh  peserta  didik,  dan  perlu
                    dipertimbangkan  kemungkinan  perbedaan  kesulitan

                    soal. Oleh karena itu, soal yang diberikan tidak sama
                    tingkat  kesulitannya,  sehingga  diharapkan  adanya
                    respons yang bervariasi. Menurut Dick & Carey (1978),
                    variasi perbedaan kesulitan soal merupakan faktor yang

                    penting  dalam  keefektifan  latihan,  tingkat  kesulitan
                    tertentu, harus disesuaikan dengan praktik tertentu pula.

                         Langkah Ketiga, Pertanyaan & Respons, peserta
                    didik  diberi  kesempatan  untuk  mencoba  beberapa

                    alternative jawaban yang sudah disiapkan sebelumnya
                    sampai  pada  jawaban  yang  benar.  Menurut  Hanaffin
                    &  Peck  (1988),  pada  latihan  awal  yang  diutamakan
                    adalah ketepatan, kemudian barulah kecepatan dan pada

                    akhirnya kedua-duanya harus tercapai sebagai kesatuan.
                    Setiap butir soal atau pertanyaan tersebut mempunyai
                    jawaban atau ketentuan yang dianggap benar. Dengan
                    demikian, maka setiap butir soal menuntut keharusan



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   304   305   306   307   308   309   310   311   312   313   314