Page 304 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 304

276        Metode Instruksional

           tutorial  didalam  program  berbasis  jaringan  internet  adanya
           kesempatan  mengawasi  peserta  didik  selama  mengasah

           kemampuannya.  Program  ini  melakukan  pengawasan  yang
           tidak  ada  batasnya  dan  mempunyai  penilaian  yang  tepat

           mengenai kinerja peserta didik.

           Langkah  Kelima,  adalah  Umpan  Balik,  peserta  didik

           menerima umpan balik dengan cepat, hal ini membantu peserta
           didik dalam hal-hal  penting  membenarkan atau menguatkan
           respons  yang  benar.  Ketika  peserta  didik  menjawab    salah

           atau rancu menjawab dalam satu soal, program memberikan
           petunjuk secara bertahap mulai dari menunjukkan kesalahan

           sampai memberikan jawaban yang benar terhadap kesalahan
           tersebut.


                  Menurut  Dewi  (2008),  program  e-learning  juga
           menyediakan  penguatan    (reinforcement)    baik    visual
           maupun auditif, agar minat dan perhatian peserta didik terus

           terpelihara  sepanjang  latihan  dan  praktik.  Artinya,  program
           dapat memberikan ganjaran yang positif secara berkelanjutan

           (positive  reward)  kepada  prestasi  belajar  peserta  didik,
           sehingga  memotivasi  peserta  didik  mengulang  kembali
           keberhasilan yang telah dicapainya.


           Tutorial  online  (Tuton)  merupakan  satu  kesatuan  dan  bisa
           dirancang secara integratif dengan tutorial tatap muka yang




           PROFIL GURU MASA DEPAN
   299   300   301   302   303   304   305   306   307   308   309