Page 302 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 302

274        Metode Instruksional

           1) Bahan belajar lebih menarik.
           2) Materi pelajaran dapat diingat lebih lama, dan

           3) Pengalaman belajar menjadi lebih konkrit.

                  Penelitian  yang  dilakukan  oleh  Dwyer,  tentang
           pemanfaatan  ilustrasi  visual  dalam  proses  kegiatan
           instruksional,  menunjukkan  bahwa  pemanfaatan  ilustrasi

           visual akan meningkatkan daya ingat (retensi) peserta didik
           terhadap  materi  pelajaran.  Penyajian  informasi  melalui
           animasi memungkinkan program yang ada di komputer dapat
           memperagakan perubahan-perubahan, proses, dan prosedur

           seperti  apa  yang  dapat  dilakukan  oleh  beberapa    media
           lain.  Tentang  seberapa  panjangnya  penyajian  informasi
           tergantung  dari  materi  pelajaran  yang    diberikan,    usia
           serta tingkat peserta didik. Semakin peserta didik dewasa,

           umumnya  dapat  menerima  presentasi  yang  lebih  panjang
           tanpa kehilangan minat atau menjadi bosan belajar.

           Langkah  Ketiga,  Pertanyaan  dan  Jawaban,  kegiatan

           instruksional  yang  menyajikan  informasi  tanpa  adanya
           interaksi  antara  peserta  didik  dengan  materi  pelajaran  yang
           ada  di  program,  kemungkinan  tak  akan  berhasil.  Cara  yang

           paling  umum  dalam  melakukan  interaksi  adalah  dengan
           memberikan  pertanyaan  yang  harus  dijawab  oleh  peserta
           didik.Dengan  mengajukan  pertanyaan  menjaga  agar  peserta

           didik  tetap  memperhatikan  pelajaran,  mengerjakan  latihan,
           memberikan  semangat  dalam  kegiatan  instruksional  dan

           mengetahui seberapa baik peserta didik dapat mengingat dan



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   297   298   299   300   301   302   303   304   305   306   307