Page 302 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 302
274 Metode Instruksional
1) Bahan belajar lebih menarik.
2) Materi pelajaran dapat diingat lebih lama, dan
3) Pengalaman belajar menjadi lebih konkrit.
Penelitian yang dilakukan oleh Dwyer, tentang
pemanfaatan ilustrasi visual dalam proses kegiatan
instruksional, menunjukkan bahwa pemanfaatan ilustrasi
visual akan meningkatkan daya ingat (retensi) peserta didik
terhadap materi pelajaran. Penyajian informasi melalui
animasi memungkinkan program yang ada di komputer dapat
memperagakan perubahan-perubahan, proses, dan prosedur
seperti apa yang dapat dilakukan oleh beberapa media
lain. Tentang seberapa panjangnya penyajian informasi
tergantung dari materi pelajaran yang diberikan, usia
serta tingkat peserta didik. Semakin peserta didik dewasa,
umumnya dapat menerima presentasi yang lebih panjang
tanpa kehilangan minat atau menjadi bosan belajar.
Langkah Ketiga, Pertanyaan dan Jawaban, kegiatan
instruksional yang menyajikan informasi tanpa adanya
interaksi antara peserta didik dengan materi pelajaran yang
ada di program, kemungkinan tak akan berhasil. Cara yang
paling umum dalam melakukan interaksi adalah dengan
memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta
didik.Dengan mengajukan pertanyaan menjaga agar peserta
didik tetap memperhatikan pelajaran, mengerjakan latihan,
memberikan semangat dalam kegiatan instruksional dan
mengetahui seberapa baik peserta didik dapat mengingat dan
PROFIL GURU MASA DEPAN