Page 298 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 298

270        Metode Instruksional

           bertujuanuntukmengoptimalkanpemanfaatanjaringaninternet
           untuk  memberikan  layanan  bantuan  belajar  kepada  peserta
           didik.  Sementara  itu,  menurut  pedoman  penyelenggaraan
           tutorial Pascasarjana (2005), dengan bantuan dan bimbingan
           tutor, diharapkan peserta didik dapat memantapkan penguasaan
           mereka  terhadap  materi  bahan  ajar,  memecahkan  kesulitan
           belajar  mereka,  berdiskusi  dengan  peserta  didik  lain,  dan
           bersosialisasi. Di samping itu, memberikan alternatif pilihan
           bagi  peserta yang memiliki  akses  terhadap jaringan  internet
           untuk memperoleh layanan bantuan belajar secara optimal.

           Disisi lain menurut pendapat para ahli pembelajaran Tuton
           adalah  pemacu  sekaligus  pemicu  kegiatan  instruksional
           peserta didik. Hasil yang diharapkan adalah para peserta didik
           akan memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengamati,
           berpikir,  bersikap,  dan  berbuat  dalam  menghadapi  suatu
           konsep  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi.  Jadi  kegiatan
           Tuton  diharapkan  dapat  menyiapkan  peserta  didik  agar
           mampu belajar mandiri sehingga dapat membantu kegiatan
           instruksional  mengajar,  meningkatkan  daya  pemahaman,
           memperluas visi, dan memupuk kemandirian dalam belajar.
           Tuton merupakan satu kesatuan dan bisa dirancang secara
           integratif dengan tutorial tatap muka yang dilakukan melalui
           media internet sebagai program online.

           Dalam  kegiatan  instruksional  berbasis  jaringan  ini  yang
           menggunakanmodelmetodeinstruksionaltutorial, penyajian
           informasi dan pengetahuan dilakukan dalam unit-unit kecil.
           Penyajian isi memuat pertanyaan-pertanyaan atau masalah
           yang menuntut respon peserta didik, analisis respon, umpan
           balik, penyiapan praktik sampai peserta didik menunjukkan



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   293   294   295   296   297   298   299   300   301   302   303