Page 298 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 298
270 Metode Instruksional
bertujuanuntukmengoptimalkanpemanfaatanjaringaninternet
untuk memberikan layanan bantuan belajar kepada peserta
didik. Sementara itu, menurut pedoman penyelenggaraan
tutorial Pascasarjana (2005), dengan bantuan dan bimbingan
tutor, diharapkan peserta didik dapat memantapkan penguasaan
mereka terhadap materi bahan ajar, memecahkan kesulitan
belajar mereka, berdiskusi dengan peserta didik lain, dan
bersosialisasi. Di samping itu, memberikan alternatif pilihan
bagi peserta yang memiliki akses terhadap jaringan internet
untuk memperoleh layanan bantuan belajar secara optimal.
Disisi lain menurut pendapat para ahli pembelajaran Tuton
adalah pemacu sekaligus pemicu kegiatan instruksional
peserta didik. Hasil yang diharapkan adalah para peserta didik
akan memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengamati,
berpikir, bersikap, dan berbuat dalam menghadapi suatu
konsep ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi kegiatan
Tuton diharapkan dapat menyiapkan peserta didik agar
mampu belajar mandiri sehingga dapat membantu kegiatan
instruksional mengajar, meningkatkan daya pemahaman,
memperluas visi, dan memupuk kemandirian dalam belajar.
Tuton merupakan satu kesatuan dan bisa dirancang secara
integratif dengan tutorial tatap muka yang dilakukan melalui
media internet sebagai program online.
Dalam kegiatan instruksional berbasis jaringan ini yang
menggunakanmodelmetodeinstruksionaltutorial, penyajian
informasi dan pengetahuan dilakukan dalam unit-unit kecil.
Penyajian isi memuat pertanyaan-pertanyaan atau masalah
yang menuntut respon peserta didik, analisis respon, umpan
balik, penyiapan praktik sampai peserta didik menunjukkan
PROFIL GURU MASA DEPAN