Page 303 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 303
Metode Instruksional 275
mengerti dengan informasi yang sudah diberikan. Pertanyaan
harus terjadi berulang-ulang, pengenalan informasi yang
panjang dengan kombinasi pertanyaan adalah hal yang baik.
Jadi peserta didik lebih banyak berinteraksi dengan
program instruksional ini, lebih banyak perhatian yang
diberikan dan lebih banyak peserta didik yang akan menikmati
materi pelajaran. Peserta didik memilih respon yang benar
atau respons dari daftar yang tersedia. Hal ini meliputi benar/
salah. Jodohkanlah pertanyaan dan penilaian. Pertanyaan
yang dibutuhkan oleh peserta didik adalah pertanyaan
yang menjaga peserta didik tetap aktif serta menghindari
pertanyaan yang tidak penting. Sebaiknya pertanyaan dibuat
pendek-pendek tujuannya menghindari jawaban yang salah
sehingga lebih mudah untuk dinilai.
Langkah Keempat, adalah Pertimbangan & Jawaban dengan
tujuannya mengadakan latihan adalah untuk memberikan
kesempatan selama merespons atau menguatkan respons yang
benar, ketika mengidentifikasi dan membenarkan respons
yang ada. Peserta didik tidak selalu memberikan jawaban
yang benar. Latihan yang efektif, apabila dalam memberikan
respons menggunakan kata-kata yang singkat dan tepat.
Menurut Hannafin (1988), prinsip yang
menguntungkan dalam menerapkan metode instruksional
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN