Page 303 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 303

Metode Instruksional       275


               mengerti dengan informasi yang sudah diberikan.  Pertanyaan
               harus  terjadi  berulang-ulang,  pengenalan  informasi  yang

               panjang dengan kombinasi pertanyaan adalah hal yang baik.


                      Jadi  peserta  didik  lebih  banyak  berinteraksi  dengan
               program  instruksional  ini,  lebih  banyak  perhatian  yang
               diberikan dan lebih banyak peserta didik yang akan menikmati

               materi  pelajaran.  Peserta  didik  memilih  respon  yang  benar
               atau respons dari daftar yang tersedia. Hal ini meliputi benar/

               salah.  Jodohkanlah  pertanyaan  dan  penilaian.  Pertanyaan
               yang  dibutuhkan    oleh    peserta    didik    adalah    pertanyaan
               yang  menjaga  peserta  didik  tetap  aktif  serta  menghindari

               pertanyaan yang tidak penting. Sebaiknya pertanyaan dibuat
               pendek-pendek  tujuannya  menghindari  jawaban  yang  salah
               sehingga lebih mudah untuk dinilai.


               Langkah Keempat, adalah Pertimbangan & Jawaban dengan
               tujuannya  mengadakan  latihan  adalah  untuk  memberikan

               kesempatan selama merespons atau menguatkan respons yang
               benar,  ketika  mengidentifikasi  dan  membenarkan  respons

               yang  ada.  Peserta  didik  tidak  selalu  memberikan  jawaban
               yang benar. Latihan yang efektif, apabila dalam memberikan
               respons menggunakan kata-kata yang singkat dan tepat.


                      Menurut      Hannafin     (1988),    prinsip    yang
               menguntungkan dalam menerapkan metode instruksional




                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   298   299   300   301   302   303   304   305   306   307   308