Page 301 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 301
Metode Instruksional 273
disiapkan, agar ketika peserta didik menggunakan papan
ketik (keyboard) dan mouse dapat berjalan lancar. Untuk
meningkatkan motivasi peserta didik, pada tahap pengantar
Tutorial ini dapat menerapkan strategi instruksional model
ARCS dari Fenrich (1997) yang telah dijelaskan terlebih
dahulu.
Langkah Kedua, Penyajian Informasi, apakah informasi
yang disajikan kepada peserta didik dalam bentuk teks,
grafik, visual dan animasi, atau kombinasi semuanya.
Presentasi informasi melalui teks, dan lain lain, tidak boleh
menyampaikan matei lebih dari yang sudah ditentukan.
Faktor yang mempengaruhi kualitas suatu Tutorial adalah
panjangnya presentasi informasi. Presentasi harus pendek,
agar dapat meningkatkan frekuensi interaksi peserta didik.
Semakin komplek informasi, maka semakin penting
membaginya menjadi beberapa langkah atau unit-unit kecil.
Setiap langkah berisi kegiatan peserta didik. Perancang
kegiatan instruksional harus memperhatikan susunan tata teks
(layout) yang berkaitan dengan huruf besar atau tulisan yang
terbalik membuat teks sukar dibaca. Membantu penggunaan
kotak dan panah adalah cara yang lebih efektif. Penggunaan
Layout yang bervariasi membuat pelajaran lebih menarik
dan menambah perhatian peserta didik. Penyajian informasi
melalui visual biasanya berisi simbol-simbol yang menunjuk
arti kepada suatu objek. Menurut Kemp, penggunaan ilustrasi
visual memberikan kontribusi sebagai berikut :
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN