Page 294 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 294

266        Metode Instruksional

                 Setiap  metode  instruksional  mempunyai  karakteristik
           tertentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Metode
           instruksional sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai

           tujuan  instruksional.  Setiap  pemilihan  metode  instruksional
           didasarkan pada kajian hasil antara prilaku yang diharapkan
           dengan metode instruksional yang digunakan. Menurut Gerlach

           & Elly terdapat kaitan yang erat antara metode instruksional
           dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

           Metode Instruksional Berbasis e-Learning

                 Kegiatan  instruksional  yang  disampaikan  melalui

           komputer  atau  berbasis  e-learning,  melibatkan  berbagai
           metode  instruksional.  Menurut  Alessi  &  Trollif  (1991),  dan
           Hanafin & Pech (1988), guna meletakan dasar untuk mengerti
           dan mengembangkan pembelajaran yang lebih baik, ada lima
           metode  instruksional  yang  utama  yang  bisa  dikembangkan

           yaitu,  metode  instruksional:  Tutorial,  Latihan  &  Praktik,
           Simulasi, dan Permainan.

                 Sementara  itu  Heinich  (1996),  menambahkan  dengan
           metode  Penemuan  dan  Pemecahan  Masalah.  Beberapa  para

           ahli  pendidikan  menambahkan  dengan  metode  instruksional
           Demonstrasi  dan  metode  instruksional  Diskusi.  Semua
           metode instruksional yang disebut diatas, merupakan metode
           instruksional yang cukup menarik untuk dipelajari dan yang

           dapat diterapkan pada kegiatan instruksional untuk membantu
           peserta  didik  mempelancar  kegiatan  instruksional  dan
           meningkatkan hasil belajarnya. Selanjutnya, berikut ini akan



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   289   290   291   292   293   294   295   296   297   298   299