Page 294 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 294
266 Metode Instruksional
Setiap metode instruksional mempunyai karakteristik
tertentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Metode
instruksional sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai
tujuan instruksional. Setiap pemilihan metode instruksional
didasarkan pada kajian hasil antara prilaku yang diharapkan
dengan metode instruksional yang digunakan. Menurut Gerlach
& Elly terdapat kaitan yang erat antara metode instruksional
dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Metode Instruksional Berbasis e-Learning
Kegiatan instruksional yang disampaikan melalui
komputer atau berbasis e-learning, melibatkan berbagai
metode instruksional. Menurut Alessi & Trollif (1991), dan
Hanafin & Pech (1988), guna meletakan dasar untuk mengerti
dan mengembangkan pembelajaran yang lebih baik, ada lima
metode instruksional yang utama yang bisa dikembangkan
yaitu, metode instruksional: Tutorial, Latihan & Praktik,
Simulasi, dan Permainan.
Sementara itu Heinich (1996), menambahkan dengan
metode Penemuan dan Pemecahan Masalah. Beberapa para
ahli pendidikan menambahkan dengan metode instruksional
Demonstrasi dan metode instruksional Diskusi. Semua
metode instruksional yang disebut diatas, merupakan metode
instruksional yang cukup menarik untuk dipelajari dan yang
dapat diterapkan pada kegiatan instruksional untuk membantu
peserta didik mempelancar kegiatan instruksional dan
meningkatkan hasil belajarnya. Selanjutnya, berikut ini akan
PROFIL GURU MASA DEPAN