Page 291 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 291

Metode Instruksional       263

                                        BAB 7

                         METODE  INSTRUKSIONAL



               Pendahuluan

                            enurut Said, (2012), salah satu komponen utama
               M  dalam Urutan Kegiatan Instruksional adalah metode
                instruksional. Setiap langkahpadaurutankegiataninstruksional

                    menggunakan satu atau kombinasi dari beberapa metode
                instruksional, agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang
               sudah ditentukan sebelumnya.

                     Yang  dimaksud  dengan  metode  instruksional  adalah
               prosedur pembelajaran yang dipilih untuk membantu peserta

               didik  mencapai  tujuan  atau  internalisasi  isi  bahan  pelajaran
               atau  pesan.  Metode  instruksional  merupakan  cara  yang
               digunakan  guru  dalam  melakukan  interaksi  dengan  peserta

               didik  pada  saat  kegiatan  instruksional  berlangsung.  Metode
               instruksional  mencakup  semua  cara  yang  dapat    dipakai
               untuk  mencapai  tujuan  instruksional  yang  sudah  ditetapkan
               sebelumnya.

                     Menurut  Suparman  (2014),  metode  instruksional

               berfungsi  sebagai  cara  dalam  menyajikan  (menguraikan,
               memberi  contoh,  dan  latihan)  isi  pelajaran  kepada  peserta
               didik  untuk  mencapai  tujuan  tertentu.  Metode  instruksional
               merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh guru dalam

               melakukan  interaksi  dengan  peserta  didik  saat  kegiatan
               instruksional berlangsung.


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   286   287   288   289   290   291   292   293   294   295   296