Page 317 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 317
Metode Instruksional 289
Ketujuh, Model Metode Instruksional Demonstrasi
Metode instruksional demonstrasi dilaksanakan
dengan menunjukkan satu bentuk, model atau contoh
proses kegiatan atau keterampilan. Penggunaan
metode ini mensyaratkan adanya keterampilan atau
keahlian tertentu untuk menunjukkan penggunaan suatu
peralatan atau melaksanakan suatu kegiatan tertentu
seperti layaknya kegiatan yang sebenarnya. Metode ini
bertujuan agar peserta didik bisa mengadopsi sikap atau
nilai-nilai oleh seseorang yang berperan sebagai pemeran
model yang ditampilkan. Metode demonstrasi dapat
dimainkan kembali dengan memakai alat media seperti
video atau film. Tujuan utama metode demonstrasi
adalah mendorong peserta didik untuk mampu
menirukan setiap tindakan fisik yang ditunjukkan dalam
demonstrasi tersebut. Sering kali metode demonstrasi
dimanfaatkan untuk pengajaran yang bersifat fisik atau
keterampilan. Sebagai contoh, berbagai cara praktikum
di laboratorium, bermain olahraga dengan baik dan
benar, mengolah berbagai bahan mentah suatu adonan
kue, sehingga menjadi kue yang enak dan lezat, dan
sebagainya. Metode demonstrasi pada umumnya sangat
tepat digunakan dalam kegiatan instruksional jika:
a. Kegiatan instruksional-mengajar bersifat formal,
latihan atau keterampilan kerja.
b. Materi instruksional yang berkaitan dengan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN