Page 321 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 321
Metode Instruksional 293
setiap peserta didik untuk menginternalisasi pesan dan
memasukkannya ke dalam proses berpikir mereka.
Metode diskusi memberikan keuntungan bagi
para peserta didik dalam pengalaman berbicara dan
mengemukakah pendapat. Melalui diskusi dapat dibina
semangat kerja sama yang sehat dan bertanggung jawab.
Dalam pelaksanaan diskusi masih banyak memerlukan
bimbingan guru, mulai dengan guru yang menunjuk,
hingga akhirnya kelompok sendirilah yang menetapkan
pimpinannya.
Rangkuman
Metode instruksional merupakan cara atau teknik yang
digunakan oleh guru dalam melakukan interaksi dengan
peserta didik saat kegiatan instruksional berlangsung. Atau
arti lain dari metode instruksional adalah prosedur yang
dipilih untuk membantu peserta didik mencapai tujuan
atau internalisasi isi bahan pelajaran atau pesan. Metode
instruksional mencakup semua cara yang dapat dipakai untuk
mencapai tujuan instruksional dalam kondisi tertentu.
Metode Instruksional berfungsi sebagai cara dalam
menyajikan (menguraikan, memberi contoh, dan latihan)
isi pelajaran kepada peserta didik. Pada bab ini ada delapan
metode instruksional yang dibahas yaitu: metode instruksional
Tutorial, metode instruksional Permainan, metode
instruksional Latihan dan Praktik, metode instruksional
Pemecahan Masalah, metode instruksional Pertemuan, metode
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN