Page 320 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 320

292        Metode Instruksional

                      setiap  peserta  didik  harus  mendapat  kesempatan
                      melihat,  mendengar,  dan  berkomunikasi  secara

                      bebas dan dapat dilakukan juga melalui e-learning.
                  c.  Memiliki tujuan yang ingin dicapai, melalui kerja
                      sama antar peserta didik sebagai anggota kelompok.

                  d.  Berlangsung secara teratur dan sistematis untuk
                      memperoleh suatu kesimpulan.

                       Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode
                 instruksional  diskusi  pada  umumnya  meliputi  suatu
                 usaha  pertukaran  ide  dan  pikiran  di  antara    peserta

                 didik dengan guru. Diskusi dapat dipakai dalam setiap
                 tahap  pengajaran/kegiatan  instruksional  seperti  dalam
                 kelompok-kelompok  kecil  atau  besar,  dan  tutorial.
                 Metode  ini,  merupakan  cara  yang  efektif  untuk

                 merumuskan  tentang  pengetahuan,  keterampilan,  dan
                 sikap  sekelompok  peserta  didik  sebelum  mencapai
                 finalisasi tujuan-tujuan instruksional, terutama jika guru
                 tidak pernah mengajar dalam kelompoknya.

                       Penggunaan  suatu    metode    diskusi    setelah

                 materi  presentasi  selesai  disajikan  bermanfaat  untuk
                 menggali  lebih  mendalam  materi    tersebut.    Para
                 peserta  didik  memanfaatkannya  sebagai  suatu  forum

                 untuk  mengajukan,  menjawab,  dan  memperdebatkan
                 pertanyaan-pertanyaan  yang  dilemparkan  guru.    Cara
                 ini  sangat  tepat  bagi  guru  untuk  meyakinkan  dirinya
                 bahwa  peserta  didik  memahami  tujuan  belajar  dan
                 keinginannya. Cara  ini  juga  penting  dalam  membantu



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   315   316   317   318   319   320   321   322   323   324   325