Page 320 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 320
292 Metode Instruksional
setiap peserta didik harus mendapat kesempatan
melihat, mendengar, dan berkomunikasi secara
bebas dan dapat dilakukan juga melalui e-learning.
c. Memiliki tujuan yang ingin dicapai, melalui kerja
sama antar peserta didik sebagai anggota kelompok.
d. Berlangsung secara teratur dan sistematis untuk
memperoleh suatu kesimpulan.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode
instruksional diskusi pada umumnya meliputi suatu
usaha pertukaran ide dan pikiran di antara peserta
didik dengan guru. Diskusi dapat dipakai dalam setiap
tahap pengajaran/kegiatan instruksional seperti dalam
kelompok-kelompok kecil atau besar, dan tutorial.
Metode ini, merupakan cara yang efektif untuk
merumuskan tentang pengetahuan, keterampilan, dan
sikap sekelompok peserta didik sebelum mencapai
finalisasi tujuan-tujuan instruksional, terutama jika guru
tidak pernah mengajar dalam kelompoknya.
Penggunaan suatu metode diskusi setelah
materi presentasi selesai disajikan bermanfaat untuk
menggali lebih mendalam materi tersebut. Para
peserta didik memanfaatkannya sebagai suatu forum
untuk mengajukan, menjawab, dan memperdebatkan
pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan guru. Cara
ini sangat tepat bagi guru untuk meyakinkan dirinya
bahwa peserta didik memahami tujuan belajar dan
keinginannya. Cara ini juga penting dalam membantu
PROFIL GURU MASA DEPAN