Page 168 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 168

146        Karakteristik Kegiatan Instruksional
                Dan Hasil Belajar

           untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan kegiatan
           instruksional maka kegiatan instruksional berkaitan erat dengan
           jenis  hakikat,  dan  jenis  belajar  serta  hasil  belajar  tersebut.

           Pembelajaran  harus  menghasilkan  belajar,  tapi  tidak  semua
           kegiatan  instruksional  terjadi  karena  pembelajaran.  Istilah
           pembelajaran  merupakan  terjemahan  dari  kata  “Instruction”

           serangkai  kegiatan  yang  sengaja  dirancang.  Dalam  istilah
           pembelajaran,  tanpa  kehadiran  guru  secara  fisik,  interaksi
           belajar dapat terjadi pada diri peserta didik, melalui berbagai
           media belajar.


                 Belajar  dan  pembelajaran  dalam  konteks  teknologi
           pembelajaran  bisa    terjadi    tanpa    kehadiran    guru,    kapan
           saja,  dimana  saja  dan  tidak  dibatasi  oleh  jarak,  ruang,  dan

           waktu. Dalam kegiatan instruksional, ada tiga hal yang perlu
           mendapatkan perhatian yaitu:
            1.  Belajar  adalah  aktivitas  aktual  maupun  potensial  yang
               menghasilkan perubahan pada diri individu yang belajar
               (behavioral changes)

            2.  Perubahan  itu  pada  dasarnya  adalah  didapatkannya
               kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative
               lama.

            3.  Perubahan terjadi karena adanya usaha.


                 Gambar  berikut  ini  memperlihatkan  sedang  terjadinya
           kegiatan instruksional di sebuah kelas.






           PROFIL GURU MASA DEPAN
   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173