Page 168 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 168
146 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan kegiatan
instruksional maka kegiatan instruksional berkaitan erat dengan
jenis hakikat, dan jenis belajar serta hasil belajar tersebut.
Pembelajaran harus menghasilkan belajar, tapi tidak semua
kegiatan instruksional terjadi karena pembelajaran. Istilah
pembelajaran merupakan terjemahan dari kata “Instruction”
serangkai kegiatan yang sengaja dirancang. Dalam istilah
pembelajaran, tanpa kehadiran guru secara fisik, interaksi
belajar dapat terjadi pada diri peserta didik, melalui berbagai
media belajar.
Belajar dan pembelajaran dalam konteks teknologi
pembelajaran bisa terjadi tanpa kehadiran guru, kapan
saja, dimana saja dan tidak dibatasi oleh jarak, ruang, dan
waktu. Dalam kegiatan instruksional, ada tiga hal yang perlu
mendapatkan perhatian yaitu:
1. Belajar adalah aktivitas aktual maupun potensial yang
menghasilkan perubahan pada diri individu yang belajar
(behavioral changes)
2. Perubahan itu pada dasarnya adalah didapatkannya
kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative
lama.
3. Perubahan terjadi karena adanya usaha.
Gambar berikut ini memperlihatkan sedang terjadinya
kegiatan instruksional di sebuah kelas.
PROFIL GURU MASA DEPAN