Page 167 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 167

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

                     Gambar  diatas  ini  memperlihat  peserta  didik  sedang
               asyik belajar di sebuah kelas. Mengacuh pada deskripsi teoritis

               dan analisis tentang belajar yang telah diuraikan di atas, maka
               Bell Gredler (2010) mengidentifikasikan adanya tiga isu pokok
               dalam kegiatan instruksional ini yaitu:

                1.  Mengembangkan keterampilan, bagaimana belajar (how
                   to learn skills),
                2.  Memberikan  kemudahan  alih  kegiatan  instruksional
                   (transfer of learning).
                3.  Membelajarkan proses pemecahan masalah (teaching

                   problem solving).

                     Dengan menerapkan ketiga isu tersebut dalam kegiatan
               instruksional dalam diri  peserta didik akan terbentuk skema
               baru (schemata) yang lebih kompleks dan maju. Perkembangan

               skema ini berlangsung terus menerus melalui adaptasi dengan
               lingkungannya.  Menurut  Piaget,  (1921)  skema  tersebut
               membentuk suatu pola pewarnaan peserta didik. Skema baru ini
               merupakan hasil belajar peserta didik.

                     Gagne,  Briggs,  dan  Wager  (1992),  mengatakan

               pembelajaran atau kegiatan instruksional adalah serangkaian
               kegiatan  yang  dirancang  untuk  memungkinkan  terjadinya
               kegiatan  instruksional  pada  peserta  didik.  Sejalan  dengan

               pendapat tersebut, menurut Winataputra (2016), pembelajaran
               merupakan  kegiatan  yang  dilakukan  untuk  menginisiasi,
               memfasilitasi,  dan  meningkatkan  intensitas  dan  kualitas
               belajar pada diri peserta didik.

                     Pembelajaran merupakan upaya sistematis dan sistemik

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172