Page 167 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 167
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Gambar diatas ini memperlihat peserta didik sedang
asyik belajar di sebuah kelas. Mengacuh pada deskripsi teoritis
dan analisis tentang belajar yang telah diuraikan di atas, maka
Bell Gredler (2010) mengidentifikasikan adanya tiga isu pokok
dalam kegiatan instruksional ini yaitu:
1. Mengembangkan keterampilan, bagaimana belajar (how
to learn skills),
2. Memberikan kemudahan alih kegiatan instruksional
(transfer of learning).
3. Membelajarkan proses pemecahan masalah (teaching
problem solving).
Dengan menerapkan ketiga isu tersebut dalam kegiatan
instruksional dalam diri peserta didik akan terbentuk skema
baru (schemata) yang lebih kompleks dan maju. Perkembangan
skema ini berlangsung terus menerus melalui adaptasi dengan
lingkungannya. Menurut Piaget, (1921) skema tersebut
membentuk suatu pola pewarnaan peserta didik. Skema baru ini
merupakan hasil belajar peserta didik.
Gagne, Briggs, dan Wager (1992), mengatakan
pembelajaran atau kegiatan instruksional adalah serangkaian
kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya
kegiatan instruksional pada peserta didik. Sejalan dengan
pendapat tersebut, menurut Winataputra (2016), pembelajaran
merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi,
memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas
belajar pada diri peserta didik.
Pembelajaran merupakan upaya sistematis dan sistemik
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN