Page 170 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 170
148 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
dan sikap awal yang dibawak oleh peserta didik pada saat
dimulainya kegiatan instruksional. Prilaku dan karaktristik
peserta didik yang relevan dengan kegiatan instruksional yang
akan dilakukan, berkaitan dengan latar belakang pendidikan
dan pengalaman peserta didik, mengenai kompetensi yang
dikuasai sebelumnya. Motivasi belajar dan dorongan rasa ingin
tahu serta semangat yang dimiliki untuk mempelajari materi
instruksional yang sudah dipersiapkan. Akses terhadap sumber
belajar yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari.
Kebiasaan belajar melalui kegiatan instruksional tatap muka
atau mandiri.
Domisili pesertadidik, yangdiukurdenganjaraktempuh
ke pusat kegiatan belajar atau penyelenggara pendidikan.
Akses terhadap saluran komunikasi dan media instruksional
yang akan digunakan untuk kegiatan instruksional, seperti
telepon, komputer, buku atau media cetak (printed material).
Disiplin dan kebiasaan belajar peserta didik dalam mengatur
waktu belajar secara teratur, akan mempercepat penyelesaian
tugas-tugas (assignments). Kebiasaan belajar secara sistematik
agar dapat menguasai bahan instruksional secara cepat dengan
hasil yang lebih baik.Kebiasaan belajar sambil berpikir, agar
apa yang diperoleh dari hasil belajar dapat diterapkan pada
kehidupan yang nyata, dan dapat memelihara motivasi belajar
sepanjang kegiatan instruksional berlangsung.
PROFIL GURU MASA DEPAN