Page 170 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 170

148        Karakteristik Kegiatan Instruksional
                Dan Hasil Belajar

           dan  sikap  awal  yang  dibawak  oleh  peserta  didik  pada  saat
           dimulainya  kegiatan  instruksional.  Prilaku  dan  karaktristik

           peserta didik yang relevan dengan kegiatan instruksional yang

           akan dilakukan, berkaitan dengan latar belakang pendidikan
           dan  pengalaman  peserta  didik,  mengenai  kompetensi  yang
           dikuasai sebelumnya. Motivasi belajar dan dorongan rasa ingin

           tahu serta semangat yang dimiliki untuk mempelajari materi
           instruksional yang sudah dipersiapkan. Akses terhadap sumber

           belajar  yang  relevan  dengan  materi  yang  sedang  dipelajari.
           Kebiasaan belajar melalui kegiatan instruksional tatap muka

           atau mandiri.


                  Domisili pesertadidik, yangdiukurdenganjaraktempuh
           ke  pusat  kegiatan  belajar  atau  penyelenggara  pendidikan.

           Akses terhadap saluran komunikasi dan media instruksional
           yang  akan  digunakan  untuk  kegiatan  instruksional,  seperti

           telepon, komputer, buku atau media cetak (printed material).
           Disiplin dan kebiasaan belajar peserta didik dalam mengatur
           waktu belajar secara teratur, akan mempercepat penyelesaian

           tugas-tugas (assignments). Kebiasaan belajar secara sistematik

           agar dapat menguasai bahan instruksional secara cepat dengan
           hasil yang lebih baik.Kebiasaan belajar sambil berpikir, agar
           apa  yang  diperoleh  dari  hasil  belajar  dapat  diterapkan  pada

           kehidupan yang nyata, dan dapat memelihara motivasi belajar
           sepanjang kegiatan instruksional berlangsung.



           PROFIL GURU MASA DEPAN
   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175