Page 165 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 165

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

                     Pada   sisi  lain   Gagne   (1985), menyusun kategori
               kapabilitas belajar menjadi lima jenis yaitu:
                 1.  Informasi Verbal,

                 2.  Keterampilan Intelektual,
                 3.  Strategi Kognitif,
                 4.  Sikap, dan

                 5.  Keterampilan motorik.

                     Kapabilitas-kapabilitas  belajar  ini  berbeda  di  dalam
               performance yang dihasilkannya. Dari kelima jenis kapabilitas
               belajar tersebut, kapabilitas pemecahan masalah berada dalam
               hierarki  keterampilan  intelektual.  Sementara  keterampilan

               kognitif juga memegang peranan penting dalam hal kapabilitas
               pemecahan masalah.

                     Hasil belajar pemecahan masalah menurut Gagne, Briggs
               & Wager, Mazano, Pickering & Mc Tighe (1985) merupakan

               kapabilitas  yang  paling  tinggi  dalam  keterampilan  berpikir
               (thinking skills) dan keterampilan intelektual. Bloom (1977),
               mengklasifikasikan tujuan pendidikan sebagai “Taxonomy of
               Education  Objectives”  ke  dalam  tiga  domain  yang  menjadi
               acuan dan dimensi tujuan pembelajaran yaitu:

                1.  Domain Kognitif atau Pengetahuan
                2.  Domain Afektif atau Sikap dan
                3.  Domain Psikomotor atau Keterampilan.

                     Mengacuh  dari  berbagai  Tujuan  Instruksional  Khusus

               (TIK)  yang  dikembangkan  di  sekolah  sekolah  tujuan
               pembelajaran yang ingin dicapai adalah tujuan pembelajaran
               dalam hal memecahkan masalah yang disusun berdasarkan

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170