Page 165 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 165
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Pada sisi lain Gagne (1985), menyusun kategori
kapabilitas belajar menjadi lima jenis yaitu:
1. Informasi Verbal,
2. Keterampilan Intelektual,
3. Strategi Kognitif,
4. Sikap, dan
5. Keterampilan motorik.
Kapabilitas-kapabilitas belajar ini berbeda di dalam
performance yang dihasilkannya. Dari kelima jenis kapabilitas
belajar tersebut, kapabilitas pemecahan masalah berada dalam
hierarki keterampilan intelektual. Sementara keterampilan
kognitif juga memegang peranan penting dalam hal kapabilitas
pemecahan masalah.
Hasil belajar pemecahan masalah menurut Gagne, Briggs
& Wager, Mazano, Pickering & Mc Tighe (1985) merupakan
kapabilitas yang paling tinggi dalam keterampilan berpikir
(thinking skills) dan keterampilan intelektual. Bloom (1977),
mengklasifikasikan tujuan pendidikan sebagai “Taxonomy of
Education Objectives” ke dalam tiga domain yang menjadi
acuan dan dimensi tujuan pembelajaran yaitu:
1. Domain Kognitif atau Pengetahuan
2. Domain Afektif atau Sikap dan
3. Domain Psikomotor atau Keterampilan.
Mengacuh dari berbagai Tujuan Instruksional Khusus
(TIK) yang dikembangkan di sekolah sekolah tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai adalah tujuan pembelajaran
dalam hal memecahkan masalah yang disusun berdasarkan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN