Page 164 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 164
142 Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
bukan berasal dari proses pertumbuhan. Learning is a change
in human dispotision or capability that persists over a period of
time and is not simply ascribable to processes of growth.
Selanjutnya, Sri, Anitah, W, dkk (2014), menyatakan
belajar merupakan suatu usaha yang dilakukan induvidu untuk
memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru, secara
keseluruhan sebagai pengalaman induvidu itu sendiri dalam
berinteraksi dengan lingkungannya. Disisi lain, Snelbecker
(1985) merumuskan definisi belajar sebagai berikut.
1. Belajar harus mencakup tingkah laku,
2. Tingkah laku tersebut harus berubah dari tingkat yang
paling sederhana sampai yang kompleks.
3. Proses perubahan tingkah laku tersebut harus dapat
dikontrol sendiri atau dikontrol oleh faktor-faktor
eksternal.
Disisi lain, menurut Stephen (1991), mengatakan hasil
belajar merupakan kemampuan dari perubahan individu yang
diinginkan melalui perlakuan tertentu. Perubahan prilaku
ini harus dapat diukur dan diamati secara teknis yang telah
dirumuskan melalui Tujuan Instruksional Khusus (TIK) atau
dengan cara mengukur prestasi belajar peserta didik. Gagne
dalam Kommers (1985) mengatakan kapabilitas belajar adalah
kemampuan yang diperoleh melalui belajar atau “Kapabilitas
adalah Hasil Belajar” Ia menyebutkannya sebagai “Kapabilitas
Manusia” (Human Capabilities), Bloom (1977), menyebutnya
sebagai “Taxonomy of Educational Objektives” Merril (1985)
menyebutnya “Level of Performance“.
PROFIL GURU MASA DEPAN