Page 164 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 164

142        Karakteristik Kegiatan Instruksional
                Dan Hasil Belajar

           bukan berasal dari proses pertumbuhan. Learning is a change
           in human dispotision or capability that persists over a period of
           time and is not simply ascribable to processes of growth.


                 Selanjutnya,  Sri,  Anitah,  W,  dkk  (2014),  menyatakan
           belajar merupakan suatu usaha yang dilakukan induvidu untuk
           memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru, secara
           keseluruhan sebagai  pengalaman induvidu itu sendiri  dalam

           berinteraksi  dengan  lingkungannya.  Disisi  lain,  Snelbecker
           (1985) merumuskan definisi belajar sebagai berikut.
            1.  Belajar harus mencakup tingkah laku,

            2.  Tingkah  laku  tersebut  harus  berubah  dari  tingkat  yang
               paling sederhana sampai yang kompleks.
            3.  Proses  perubahan  tingkah  laku  tersebut  harus  dapat
               dikontrol  sendiri  atau  dikontrol  oleh  faktor-faktor
               eksternal.


                 Disisi lain, menurut Stephen (1991), mengatakan hasil
           belajar merupakan kemampuan dari perubahan individu yang
           diinginkan  melalui  perlakuan  tertentu.    Perubahan    prilaku
           ini harus dapat  diukur dan diamati secara teknis  yang telah

           dirumuskan melalui Tujuan Instruksional Khusus (TIK) atau
           dengan cara mengukur prestasi belajar peserta didik. Gagne
           dalam Kommers (1985) mengatakan kapabilitas belajar adalah
           kemampuan yang diperoleh melalui belajar atau “Kapabilitas

           adalah Hasil Belajar” Ia menyebutkannya sebagai “Kapabilitas
           Manusia” (Human Capabilities), Bloom (1977), menyebutnya
           sebagai “Taxonomy of Educational Objektives” Merril (1985)
           menyebutnya “Level of Performance“.


           PROFIL GURU MASA DEPAN
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169