Page 163 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 163
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Pengertian Belajar
Pengertian belajar yang cukup komprehensif diberikan
oleh Bell-Gredler dalam Winataputra (2010) yang menyatakan
bahwa belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk
mendapatkan aneka ragam competencies, skills, dan attitudes.
Kemampuan (competencies), Keterampilan (skills), dan sikap
attitudes) tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan
mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian
kegiatan instruksional sepanjang hayat. Menurut Bates (1995)
belajar bukan hanya mengumpulkan dan mengingat informasi
dalam bentuk fakta, prinsip, atau prosedur yang benar tetapi
lebih dari itu, yaitu, kreativitas menciptakan arti dan sesuatu
yang baru dari berbagai kumpulan informasi, pemecahan
masalah, analisis dan evaluasi. Sejalan dengan pendapat
tersebut Pannen (2010) mengatakan, belajar merupakan
proses bagi manusia untuk menguasai berbagai kompetensi,
keterampilan, dan sikap. Kegiatan instruksional dimulai sejak
manusia masih bayi sampai sepanjang hayatnya. Kapasitas
manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang
membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya.
Sementara itu Heinich (1996) mengatakan belajar
adalah hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang baru,
keterampilan dan sikap. Perubahan ini disebabkan adanya
interaksi individu dengan informasi yang diterimanya dari
lingkungan. Sejalan dengan pendapat tersebut menurut Gagne
(1985), belajar adalah suatu perubahan dalam kemampuan
yang relatif tetap atau kemampuan yang bertahan lama dan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN