Page 163 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 163

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

               Pengertian Belajar

                     Pengertian belajar yang cukup komprehensif diberikan
               oleh Bell-Gredler dalam Winataputra (2010) yang menyatakan

               bahwa belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk
               mendapatkan aneka ragam competencies, skills, dan attitudes.
               Kemampuan (competencies), Keterampilan (skills), dan sikap
               attitudes) tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan

               mulai  dari  masa  bayi  sampai  masa  tua  melalui  rangkaian
               kegiatan instruksional sepanjang hayat. Menurut Bates (1995)
               belajar bukan hanya mengumpulkan dan mengingat informasi
               dalam bentuk fakta, prinsip, atau prosedur yang benar tetapi

               lebih dari itu, yaitu, kreativitas menciptakan arti dan sesuatu
               yang  baru  dari  berbagai  kumpulan  informasi,  pemecahan
               masalah,  analisis  dan  evaluasi.  Sejalan  dengan  pendapat
               tersebut  Pannen  (2010)  mengatakan,  belajar  merupakan

               proses  bagi  manusia untuk menguasai  berbagai  kompetensi,
               keterampilan, dan sikap. Kegiatan instruksional dimulai sejak
               manusia  masih  bayi  sampai  sepanjang  hayatnya.  Kapasitas
               manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang

               membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya.

                     Sementara  itu  Heinich  (1996)  mengatakan  belajar
               adalah hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan yang baru,
               keterampilan  dan  sikap.  Perubahan  ini  disebabkan  adanya

               interaksi  individu  dengan  informasi  yang  diterimanya  dari
               lingkungan. Sejalan dengan pendapat tersebut menurut Gagne
               (1985),  belajar  adalah  suatu  perubahan  dalam  kemampuan
               yang relatif tetap atau kemampuan yang bertahan lama dan


                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168