Page 161 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 161

Karakteristik Kegiatan Instruksional

                                                          Dan Hasil Belajar
                                        BAB 4

                          KARAKTRISTIK KEGIATAN
                                 INSTRUKSIONAL

                              DAN HASIL BELAJAR


               Pendahuluan

                        rientasi pendidikan pada dasarnya adalah bagaimana

               O  agar  lulusan  suatu  sekolah  memperoleh  cukup
               pengetahuannya dan kompeten dalam bidangnya, matang dan
               sehat kepribadiannya, dan yang dapat juga menata berbagai
               aspek kehidupan. Orientasi pendidikan tujuannya agar bangsa

                    ini menjadi bangsa yang efektif untuk menghindari dari
                ketidaktahuan, kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan
                    peradaban. Untuk itu perlu  menciptakan kondisi   belajar
                  yang dirancang secara benar dan menyenangkan.  Kegiatan
                   instruksional dapat terjadi karena adanya interaksi antara

                individu dengan lingkungan yang sengaja dirancang. Menurut
               para ahli, belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative
                    tetap  dan  terjadi  sebagai  hasil  latihan  dan  pengalaman.

               Atau dengan kata lain, belajar adalah proses membangun
               pengetahuan melalui transformasi pengalaman.

                     Apa  yang  dikatakan  oleh  para  ahli  tersebut  umumnya

               pendapat  tersebut  sejalan  dengan  pendapat  para  ahli
               sebelumnya.  Pendapat  para  ahli  tersebut,  jika  disimpulkan
               mempunyai persamaan, yang mengatakan bahwa hasil belajar

               adalah terjadinya perubahan tingkah laku yang terjadi pada

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166