Page 161 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 161
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
BAB 4
KARAKTRISTIK KEGIATAN
INSTRUKSIONAL
DAN HASIL BELAJAR
Pendahuluan
rientasi pendidikan pada dasarnya adalah bagaimana
O agar lulusan suatu sekolah memperoleh cukup
pengetahuannya dan kompeten dalam bidangnya, matang dan
sehat kepribadiannya, dan yang dapat juga menata berbagai
aspek kehidupan. Orientasi pendidikan tujuannya agar bangsa
ini menjadi bangsa yang efektif untuk menghindari dari
ketidaktahuan, kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan
peradaban. Untuk itu perlu menciptakan kondisi belajar
yang dirancang secara benar dan menyenangkan. Kegiatan
instruksional dapat terjadi karena adanya interaksi antara
individu dengan lingkungan yang sengaja dirancang. Menurut
para ahli, belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative
tetap dan terjadi sebagai hasil latihan dan pengalaman.
Atau dengan kata lain, belajar adalah proses membangun
pengetahuan melalui transformasi pengalaman.
Apa yang dikatakan oleh para ahli tersebut umumnya
pendapat tersebut sejalan dengan pendapat para ahli
sebelumnya. Pendapat para ahli tersebut, jika disimpulkan
mempunyai persamaan, yang mengatakan bahwa hasil belajar
adalah terjadinya perubahan tingkah laku yang terjadi pada
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN