Page 171 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 171
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
Komponen Dasar Kedua, Komponen dasar
kedua dari suatu sistem instruksional adalah lulusan yang
memiliki kompetensi yang sudah ditentukan didalam tujuan
instruksional. Kompetensi tersebut mengandung pengetahuan,
keterampilan dan sikap prilaku yang dapat mengantarkan
peserta didik pada tingkat pencapaian kinerja (performance).
Yang diharapkan dunia kerja. Kompetensi yang direncanakan
dalam tujuan instruksional ditentukan oleh tiga pihak, yaitu,
masyarakat pengguna lulusan, penyelenggara pendidikan,
termasuk pendidik dan peserta didik. Kompetensi yang
dirumuskan oleh ketiga pihak didalam tujuan instruksional
akan dipandang relevan oleh pengguna lulusan dan peserta
didik dipandang dari sudut kebutuhan mereka. Inilah makna
kegiatan instruksional berbasis kompetensi (Competency-
Based Instruction).
Komponen Dasar Ketiga, Komponen dasar ketiga
adalah penerapan strategi instruksional yang inovatif dalam
kegiatan instruksional. Strategi instruksional berbentuk
sintesis dari langkah-langkah kegiatan instruksional, metode
instruksional, media dan alat, waktu yang seluruhnya
diorganisir oleh guru di sebuah kelas menyajikan isi
instruksional (Instructional contents) untuk mencapai tujuan
instruksional yang sudah ditentukan. Ketepatan menciptakan
perlakuan yang sesuai untuk mencapai tujuan instruksional
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN