Page 16 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 16
terhadap penciptaan public value. Masih dalam konteks kewirausahaan pada
pendidikan tinggi, orientasi kewirausahaan yang dimiliki tenaga pengajar
perlu ditelusuri untuk mendapatkan deep insight sampai sejauh mana
penerapannya. Melalui tulisan Any Meilani dan Ginta Ginting yang berjudul
“Permodelan Orientasi Kewirausahaan untuk Mendorong Kinerja Institusi
Pendidikan Tinggi” diperoleh fakta di lapangan bahwa orientasi
kewirausahaan dan orientasi pembelajaran berdampak positif terhadap
peningkatan kinerja tenaga pengajar. Artinya, institusi pendidikan tinggi perlu
menciptakan lingkungan dan memfasilitasi terbangunnya kewirausahaan
dikalangan tenaga pengajar dengan tetap mengacu pada Tridharma
Perguruan Tinggi.
Selanjutnya, kunci keberhasilan pengembangan UMKM dipengaruhi oleh
tumbuhnya wirausaha yang gigih, punya etos kerja yang kuat dan pantang
menyerah. Walaupun dalam kurun waktu satu dekade ini jumlah UMKM
meningkat, namun masih harus menghadapi berbagai permasalahan. Rini
Dwiyani Hadiwidjaja dan Noorina Hartati melalui tulisannya berjudul
“Tinjauan UMKM di Indonesia: Permasalahan dan Strategi” mengupas
permasalahan utama dalam UMKM yaitu permodalan dan pembiayaan,
sehingga peran lembaga keuangan khususnya sektor perbankan menjadi hal
yang utama. Namun dalam prakteknya perbankan masih selektif dalam
penyaluran kredit. Untuk itu skema penjaminan kredit dari Perusahaan
Penjamin Kredit menjadi alternatif penyelesaian kredit untuk UMKM. UMKM
yang sebelumnya tidak memenuhi persyaratan perbankan menjadi bankable,
risiko Bank menjadi berkurang sehingga diharapkan lending rate untuk
UMKM dapat diturunkan. Walaupun masih banyak kendala yang dihadapi,
UMKM perlu terus dikembangkan agar dapat berkiprah di pasar
internasional/global. Arief Rahman Susila dalam tulisannya “Upaya
Pengembangan UMKM dalam Menghadapi Pasar Regional dan Global”
mengemukakan bahwa untuk dapat memperluas pasar maka strategi
menciptakan keunggulan kompetitif menjadi sangat penting. Untuk itu perlu
strategi pemberdayaan UMKM seperti: kemudahan dalam akses permodalan,
pengembangan jaringan usaha, pemasaran dan kemitraan usaha,
pengembangan SDM, peningkatan akses teknologi dan mewujudkan iklim
bisnis yang lebih kondusif. Selain strategi pemberdayaan yang tepat,
dukungan dari stakeholder terhadap UMKM merupakan salah satu bentuk
network collaboration yang harus diperkuat. Mailani Hamdani melalui
tulisannya berjudul “Dukungan Perusahaan Dalam Pengembangan UMKM