Page 14 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 14
wirausaha inheren dengan jiwa umat Islam itu sendiri. Tulisan senada dari
Yosi Mardoni mengenai “Etika Bisnis dalam Perspektif Islam” membahas
pentingnya etika dalam berbisnis atau yang lebih sering disebut sebagai
akhlak yang merupakan salah satu dari tiga elemen dasar Islam selain Aqidah
dan Syariah. Rosulullah dalam kehidupannya telah menjadi tauladan dalam
penerapan etika, termasuk dalam keseharian beliau sebagai seorang
wirausaha. Islam sangat mendukung bisnis dan persaingan, namun tetap
bersikap tegas dalam hal yang dianggap haram. Islam memberikan rambu dan
batasan bagaimana seseorang menjalankan aktivitas bisnis atau usahanya.
Perubahan tren bisnis di era global, menuntut pelaku ekonomi mampu
menghadapi strict competition melalui inovasi dan kewirausahaan. Isu
tersebut dijelaskan oleh Nenah Sunarsih melalui tulisannya berjudul
“Membangun Keunggulan Kompetitif melalui Inovasi dan Kewirausahaan”.
Intinya, kunci keberhasilan agar mampu bertahan di tengah persaingan
terletak pada kemampuan perusahaan dalam membangun keunggulan
kompetitif melalui 2 hal penting yaitu: 1) inovasi produk, yaitu
pengembangan keunggulan dan keunikan, 2) kewirausahaan, yaitu berupaya
memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan secara proaktif, kreatif dan
take risk. Bahwa dunia bisnis tidak hanya dunia pria, saat ini muncul
wirausaha wanita yang sukses mengelola bisnis. Topik tersebut diangkat oleh
Helmiatin dalam tulisannya “Womenpreneur di Indonesia”. Disamping aspek
feminin yang dimiliki oleh wanita, ternyata sifat ketegasan, kemandirian,
proaktif dan keluwesannya membangun relationship serta networking
menjadi senjata andalan untuk sukses berbisnis. Agar kewirausahaan
dikalangan wanita semakin berkembang, perlu dukungan dari aspek internal
(keluarga) dan eksternal (lingkungan bisnis yang kondusif).
Munculnya wirausaha tangguh terutama di kalangan pemuda telah
mampu mendorong perkembangan industri pariwisata dan industri kreatif di
berbagai daerah di Indonesia. Aji Bayu Kusuma dan Tri Putra Wahyu melalui
tulisannya berjudul “Etno Wellness Sentuhan Ekonomis Air Terjun
Sinduharjo (Berbasis Pemberdayaan Sosial)” mengungkapkan bahwa konsep
edutourism dengan pendekatan etno wellness (keuntungan dan lingkungan
hidup) dan wellbeing (pendekatan psikologi yang berdampak positif terhadap
pikiran, badan dan jiwa) dapat dikemas menjadi ide bisnis yang marketable.
Objek wisata air terjun Sinduhardjo-Jogjakarta saat ini menjadi wisata
unggulan yang menawarkan paket wisata mengkombinasikan dua aspek yaitu
wellness dan wellbeing. Saat ini tidak hanya pariwisata panorama yang