Page 14 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 14

wirausaha inheren dengan jiwa umat Islam itu sendiri. Tulisan senada dari
        Yosi Mardoni  mengenai “Etika Bisnis dalam Perspektif Islam” membahas
        pentingnya  etika  dalam  berbisnis  atau  yang  lebih  sering  disebut  sebagai
        akhlak yang merupakan salah satu dari tiga elemen dasar Islam selain Aqidah
        dan Syariah. Rosulullah  dalam kehidupannya telah menjadi tauladan dalam
        penerapan  etika,  termasuk  dalam  keseharian  beliau  sebagai  seorang
        wirausaha.  Islam  sangat  mendukung  bisnis  dan  persaingan,  namun  tetap
        bersikap tegas dalam hal yang dianggap haram. Islam memberikan rambu dan
        batasan bagaimana seseorang menjalankan aktivitas bisnis atau usahanya.
            Perubahan tren bisnis di era global, menuntut pelaku ekonomi mampu
        menghadapi  strict  competition  melalui  inovasi  dan  kewirausahaan.  Isu
        tersebut  dijelaskan  oleh  Nenah  Sunarsih  melalui  tulisannya  berjudul
        “Membangun Keunggulan Kompetitif melalui Inovasi dan Kewirausahaan”.
        Intinya,  kunci  keberhasilan  agar  mampu  bertahan  di  tengah  persaingan
        terletak  pada  kemampuan  perusahaan  dalam  membangun  keunggulan
        kompetitif  melalui  2  hal  penting  yaitu:  1)  inovasi  produk,  yaitu
        pengembangan keunggulan dan keunikan, 2)  kewirausahaan, yaitu berupaya
        memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan secara proaktif, kreatif dan
        take  risk.  Bahwa  dunia  bisnis  tidak  hanya  dunia  pria,  saat  ini  muncul
        wirausaha wanita yang sukses mengelola bisnis. Topik tersebut diangkat oleh
        Helmiatin dalam tulisannya “Womenpreneur di Indonesia”. Disamping aspek
        feminin  yang  dimiliki  oleh  wanita,  ternyata  sifat  ketegasan,  kemandirian,
        proaktif  dan  keluwesannya  membangun  relationship  serta  networking
        menjadi  senjata  andalan  untuk  sukses  berbisnis.  Agar  kewirausahaan
        dikalangan wanita semakin berkembang, perlu dukungan dari aspek internal
        (keluarga) dan eksternal (lingkungan bisnis yang kondusif).
            Munculnya  wirausaha  tangguh  terutama  di  kalangan  pemuda  telah
        mampu mendorong perkembangan industri pariwisata dan industri kreatif di
        berbagai daerah di Indonesia.  Aji Bayu Kusuma dan Tri Putra Wahyu melalui
        tulisannya  berjudul  “Etno  Wellness  Sentuhan  Ekonomis  Air  Terjun
        Sinduharjo (Berbasis Pemberdayaan Sosial)” mengungkapkan bahwa konsep
        edutourism dengan pendekatan etno wellness (keuntungan dan lingkungan
        hidup) dan wellbeing (pendekatan psikologi yang berdampak positif terhadap
        pikiran, badan dan jiwa) dapat dikemas menjadi ide bisnis yang marketable.
        Objek  wisata  air  terjun  Sinduhardjo-Jogjakarta  saat  ini  menjadi  wisata
        unggulan yang menawarkan paket wisata mengkombinasikan dua aspek yaitu
        wellness  dan  wellbeing.  Saat  ini  tidak  hanya  pariwisata  panorama  yang
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19