Page 272 - Peran Matematika, Sains, dan Teknologi Dalam Mendukung Gaya Hidup Perkotaan (Urban Lifestyle) Yang Berkualitas
P. 272
254 Peran MST dalam Mendukung Urban Lifestyle yang Berkualitas
Sedang dalam paradigma Bayesian peluang suatu kejadian diperlakukan
sebagai suatu ukuran kepercayaan yang rasional. Disini paradigma Bayesian
didasarkan pada peluang-peluang subyektif dan melibatkan penggunaan
teorema Bayes, dimana informasi prior dan/atau kolateral digabung secara
eksplisit kedalam model melalui distribusi prior atau likelihood. Beberapa
kunci untuk mengkonstruksi paradigma Bayesian adalah teorema Bayes itu
sendiri, peluang bersyarat, distribusi prior, distribusi prediktif dan distribusi
posterior.
Model kredibilitas didesain untuk mengatasi heterogenitas dan
memberikan estimasi yang baik untuk premi risiko individu yaitu
memberikan karakterisasi heterogenitas dengan memperkenalkan
parameter risiko . Sehingga untuk suatu kontrak individu kita menganggap
distribusi besarnya klaim X bergantung pada nilai parameter risiko .
E
Variansi risiko terkomposisi dari variansi mean bersyarat X | (diantara
variansi) dan nilai ekspektasi Var X | (dalam variansi).
Teori kredibilitas adalah suatu teknik menilai perilaku klaim guna
menetapkan premi asuransi terhadap kontrak-kontrak portofolio yang lebih
bersifat heterogen. Disini teori kredibilitas diperlukan unluk mengatur premi
asuransi dan meningkatkan keakurasiannya.
Beberapa pendekatan dalam teori kredibilitas, antara lain telah
disepakati adanya suatu estimator C yang dihitung melalui hubungan
C ZR 1 Z H
dimana R adalah rata-rata observasi terakhir, H adalah rata-rata prior
dan Z adalah faktor kredibilitas dimana 0 Z 1. Formulasi yang
memasukkan konsep data prior merupakan paradigma Bayesian.
Terdapat tiga pendekatan besar dalam kredibilitas yaitu fluktuasi
terbatas (limited fluctuation), akurasi tertinggi (greatest accuracy) dan
Bayesian. Dua pendekatan pertama termasuk paradigma klasik, karena tak
ada satupun dari dua pendekatan tersebut yang membutuhkan informasi
prior untuk menghitung faktor kredibilitas Z atau estimasi C (Herzog,
1999).