Page 36 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 36
BAB 03 PEDAGOGI & INTERAKSI
DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
1. Konsep diri: Orang dewasa memiliki tingkat ketergantungan
yang rendah dan lebih dapat mengarahkan dirinya sendiri.
2. Pengalaman: Orang dewasa telah memiliki banyak pengalaman
hidup
3. Kesiapan Belajar: Orang dewasa cenderung belajar untuk
penyelesaian tugas dan peran sosialnya.
4. Orientasi Belajar: Orang dewasa menginginkan untuk dapat
mengaplikasikan hasil belajarnya segera, untuk memecahkan
masalah yang dihadapinya.
5. Motivasi Belajar: Orang dewasa belajar karena dorongan
motivasi internal.
Secara ringkas, perbandingan asumsi yang digunakan pada konsep
pedagogi dan andragogi serta implikasinya pada pembelajaran
adalah sebagaimana yang ditunjukkan pada Tabel 3.1.
Tabel 3.1. Asumsi dan Implikasi Pedagogi dan Andragogi
26 27
Asumsi Pedagogi Andragogi
Peserta Didik Bersifat tergantung Lebih mengarah ke mandiri.
pada orang lain, Guru Dapat mengarahkan
menunjukkan apa, dimana, diri sendiri. Guru
bagaimana mempelajari hanya memotivasi dan
sesuatu ‘objek belajar’, dan menyemangati untuk terus
mengevaluasi/menguji apa belajar.
yang sudah dipelajari.
Pengalaman Masih sedikit dan karena itu Telah memiliki banyak
metode mengajar menjadi pengalaman yang menjadi
didaktik (terarah secara sumber belajar yang
sistematik oleh pengajar) kaya. Karena itu metode
pembelajaran lebih kepada
diskusi, pemecahan masalah,
dll.
Kesiapan Belajar Peserta didik belajar sesuai Orang dewasa belajar sesuai
dengan harapan masyarakat, dengan kebutuhan sehingga
jadi kurikulum menjadi program pembelajaran
standar/baku. diorganisasikan sesuai dengan
aplikasi kehidupan nyata.