Page 36 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 36

BAB 03  PEDAGOGI & INTERAKSI
                   DALAM PEMBELAJARAN ONLINE


                 1.  Konsep  diri:  Orang  dewasa  memiliki  tingkat  ketergantungan
                    yang rendah dan lebih dapat mengarahkan dirinya sendiri.
                 2.  Pengalaman: Orang dewasa telah memiliki banyak pengalaman
                    hidup
                 3.  Kesiapan  Belajar:  Orang  dewasa  cenderung  belajar  untuk
                    penyelesaian tugas dan peran sosialnya.
                 4.  Orientasi  Belajar:  Orang  dewasa  menginginkan  untuk  dapat
                    mengaplikasikan  hasil  belajarnya  segera,  untuk  memecahkan
                    masalah yang dihadapinya.
                 5.  Motivasi  Belajar:  Orang  dewasa  belajar  karena  dorongan
                    motivasi internal.


                 Secara ringkas, perbandingan asumsi yang digunakan pada konsep
                 pedagogi  dan  andragogi  serta  implikasinya  pada  pembelajaran
                 adalah sebagaimana yang ditunjukkan pada Tabel 3.1.


                      Tabel 3.1. Asumsi dan Implikasi Pedagogi dan Andragogi
       26                                                                                                                                                          27
                     Asumsi          Pedagogi             Andragogi
                  Peserta Didik  Bersifat tergantung   Lebih mengarah ke mandiri.
                              pada orang lain, Guru   Dapat mengarahkan
                              menunjukkan apa, dimana,   diri sendiri. Guru
                              bagaimana mempelajari   hanya memotivasi dan
                              sesuatu ‘objek belajar’, dan   menyemangati untuk terus
                              mengevaluasi/menguji apa   belajar.
                              yang sudah dipelajari.
                  Pengalaman  Masih sedikit dan karena itu   Telah memiliki banyak
                              metode mengajar menjadi   pengalaman yang menjadi
                              didaktik (terarah secara   sumber belajar yang
                              sistematik oleh pengajar)  kaya. Karena itu metode
                                                   pembelajaran lebih kepada
                                                   diskusi, pemecahan masalah,
                                                   dll.
                  Kesiapan Belajar  Peserta didik belajar sesuai   Orang dewasa belajar sesuai
                              dengan harapan masyarakat,   dengan kebutuhan sehingga
                              jadi kurikulum menjadi   program pembelajaran
                              standar/baku.        diorganisasikan sesuai dengan
                                                   aplikasi kehidupan nyata.
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41