Page 32 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 32
BAB 02 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
DALAM PENDIDIKAN
Paradigma lisensi terbuka (open lisencing) seperti copyleft ini terus
berkembang seiring dengan perkembangan gerakan open source dan
open content. Keadaan ini menginspirasi Lawrence Lessig, professor
di Harvard dan Stanford University yang kemudian bersama dua
rekannya, Hal Abelson dan Eric Eldred, mendirikan Creative Commons
pada tahun 2001 (http://creativecommons.org/ about/history,
diunduh pada 31 Juli 2012). Creative Commons didirikan sebagai
organisasi nirlaba dengan tujuan untuk mendukung proses kreatif
para pencipta karya (tulis, gambar, foto, video, film, atau apapun)
untuk mencipta, membagi hasil ciptaannya, menggunakan karya
cipta orang lain, memodifikasi cipta orang lain, dan menyebarkan
ulang cipta karya tersebut dengan skema lisensi yang sesuai dengan
keinginan pencipta awalnya. Untuk kepentingan ini, Lessig dan
kawan-kawan membuat seri Lisensi Hak Cipta (copyright-licenses)
yang juga dikenal dengan nama Creative Commons (CC), dengan
menggunakan simbol-simbol yang mudah dimengerti oleh orang
yang melihatnya.
22 23
Lisensi Creative Commons tidak dimaksudkan untuk mengganti
lisensi copyright, tetapi lebih kepada sebagai pilihan. Lisensi Creative
Commons memberikan kebebasan kepada pencipta karya untuk
memilih lisensi penyebaran karya yang diinginkannya, mulai dari
yang sangat restriktif (all rights reserved) sampai kepada pemberian
beberapa jenis hak (some rights reserved) kepada pengguna
karya ciptanya. Dan untuk membantu pencipta menentukan dan
menetapkan jenis lisensi yang akan diterapkannya, Creative Commons
menyediakan sistem melalui situsnya (http://creativecommons.
org/) dimana setiap pencipta dapat menentukan jenis hak yang
ingin dilepaskannya dan kemudian sistem akan memberikan jenis
simbol yang harus digunakan. Dengan penggunaan simbol tersebut,
maka setiap orang yang ingin menggunakan karya cipta orang
tersebut akan mengetahui apakah misalnya, dia boleh membuat
copy atas ciptaan tersebut, apakah dia boleh memodifikasi, apakah