Page 29 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 29

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               us/open-content). Seperti halnya gerakan OSS, gerakan open content
               ini juga berkembang pesat karena didasari paradigma keterbukaan
               dan  pemberian  kebebasan  kepada  pencipta  untuk  menyebarkan
               hasil  ciptaannya  tanpa  harus  diganggu  dengan  permintaan  ijin
               dari orang-orang yang ingin menggunakan ciptaannya. Gerakan ini
               juga  berkembang  karena  mahalnya  harga  buku  dan  bahan-bahan
               pustaka lainnya yang pada umumnya memiliki Hak Cipta yang sangat
               restriktif.  Perkembangan  gerakan  open  content  juga  secara  tidak
               langsung difasilitasi oleh ketersediaan OSS, sehingga banyak proses
               penciptaan,  penyebaran,  pemodifikasian,  dan  penyebaran  ulang
               materi menjadi demikian mudah dan cepat.


               Perkembangan gerakan OSS dan Open Content telah menginspirasi
               banyak kalangan untuk melakukan berbagai inisiatif dalam rangka
               memanfaatkan  berbagai  perangkat  lunak  dan  materi  gratis  yang
               tersedia  di  internet.  Di  kalangan  komunitas  pendidikan,  banyak
               proyek penelitian, Riset dan Pengembangan (R&D) dilakukan baik
 18                                                                           19
               oleh  individu  maupun  institusi.  Gerakan  ini  melahirkan  banyak
               pendidik pada berbagai jenjang pendidikan mengembangkan materi
               pembelajaran  untuk  memperkaya  bahan  pembelajaran  di  kelas
               mereka, yang kemudian melahirkan berbagai istilah seperti learning
               object (LO) dan  learning object material (LOM) mulai pertengahan
               tahun 1990-an. LO atau LOM didefinisikan sebagai ‘... smaller, self-
               contained, re-usable units of learning [materials] (Beck, 2008)’, dan
               umumnya dalam format digital yang disebarkan dengan cuma-cuma
               melalui internet.


               Perkembangan  lanjutan  dari  maraknya  pengembangan  LO  dan
               LOM ini kemudian melahirkan istilah lain seperti open courseware
               (OCW)  yang  umumnya  LO/LOM  yang  meliputi  materi  yang  lebih
               komprehensif (biasanya meliputi seluruh materi satu matapelajaran/
               matakuliah  tertentu).  The  Massachussetts  Institute  of  Technology
               atau MIT adalah universitas yang pertama kali, pada tahun 2001,
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34