Page 24 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 24

BAB 02  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
                   DALAM PENDIDIKAN


                 terkendala  dengan  masalah  waktu,  tempat,  serta  juga  kecepatan
                 individu  dalam  belajar.  Pada  generasi  pemanfaatan  teknologi
                 generasi inilah lahir berbagai istilah pembelajaran berbasis teknologi
                 seperti e-Learning, online learning, ubiquitous learning, distributed
                 learning, cyber learning, virtual learning dan sejenisnya. Dan ketika
                 teknologi bergerak (mobile technology) kemudian juga berkembang
                 dan  melahirkan  berbagai  perangkat  yang  bersifat  mobile  seperti
                 komputer tablet dan smartphone


                 Generasi kelima: Model Pembelajaran Fleksibel yang Cerdas
                 Hal yang membedakan model ini dengan model sebelumnya adalah
                 penggunaan  teknologi  online  yang  di  dalamnya  melibatkan  basis
                 data  serta  otomatisasi  respon  terhadap  pembelajar.  Pemanfaatan
                 teknologi  dengan  basis  data  dan  otomatisasi  respon  ini  sangat
                 berpengaruh terhadap pelaksanaan admistrasi pendidikan dan secara
                 langsung  berdampak  pada  berkurangnya  biaya  penyelenggaraan
                 pendidikan.  Dalam  implementasinya,  generasi  kelima  terus
       14                                                                                                                                                          15
                 menerus berkembang sejalan dengan perkembangan TIK yang luar
                 biasa  pesatnya,  khususnya  terkait  dengan  perkembangan  aplikasi,
                 perangkat lunak, maupun perangkat kerasnya.


                 Perlu dicatat bahwa adanya pembagian generasi pemanfaatan TIK
                 tersebut  tidak  berarti  bahwa  TIK  generasi  pertama  sudah  tidak
                 digunakan  lagi  sekarang.  Hingga  sekarang  pun,  kelima  generasi
                 ini  masih  digunakan  di  berbagai  belahan  dunia  sesuai  dengan
                 kebutuhan dan konteks dimana pendidikan itu dilaksanakan. Dalam
                 Tabel 2.2, Taylor (2000) meringkas kelima generasi teknologi tersebut
                 sehubungan  dengan  fleksibilitas  dan  kemampuan  memfasilitasi
                 interaksi dalam pembelajaran, serta aspek biayanya.
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29