Page 24 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 24
BAB 02 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
DALAM PENDIDIKAN
terkendala dengan masalah waktu, tempat, serta juga kecepatan
individu dalam belajar. Pada generasi pemanfaatan teknologi
generasi inilah lahir berbagai istilah pembelajaran berbasis teknologi
seperti e-Learning, online learning, ubiquitous learning, distributed
learning, cyber learning, virtual learning dan sejenisnya. Dan ketika
teknologi bergerak (mobile technology) kemudian juga berkembang
dan melahirkan berbagai perangkat yang bersifat mobile seperti
komputer tablet dan smartphone
Generasi kelima: Model Pembelajaran Fleksibel yang Cerdas
Hal yang membedakan model ini dengan model sebelumnya adalah
penggunaan teknologi online yang di dalamnya melibatkan basis
data serta otomatisasi respon terhadap pembelajar. Pemanfaatan
teknologi dengan basis data dan otomatisasi respon ini sangat
berpengaruh terhadap pelaksanaan admistrasi pendidikan dan secara
langsung berdampak pada berkurangnya biaya penyelenggaraan
pendidikan. Dalam implementasinya, generasi kelima terus
14 15
menerus berkembang sejalan dengan perkembangan TIK yang luar
biasa pesatnya, khususnya terkait dengan perkembangan aplikasi,
perangkat lunak, maupun perangkat kerasnya.
Perlu dicatat bahwa adanya pembagian generasi pemanfaatan TIK
tersebut tidak berarti bahwa TIK generasi pertama sudah tidak
digunakan lagi sekarang. Hingga sekarang pun, kelima generasi
ini masih digunakan di berbagai belahan dunia sesuai dengan
kebutuhan dan konteks dimana pendidikan itu dilaksanakan. Dalam
Tabel 2.2, Taylor (2000) meringkas kelima generasi teknologi tersebut
sehubungan dengan fleksibilitas dan kemampuan memfasilitasi
interaksi dalam pembelajaran, serta aspek biayanya.