Page 21 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 21
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Generasi TIK dalam
Pendidikan
P enggunaan teknologi dan media dalam dan untuk
pendidikan bukan hal baru. Dalam percakapan sehari-hari,
istilah teknologi dan media biasanya digunakan bergantian
seolah memiliki pengertian yang sama. Namun demikian, sebenarnya
teknologi dan media tidak sepenuhnya merupakan istilah padanan.
Istilah teknologi merujuk pada peralatan dan mesin (juga sistem)
yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang
ada. Jadi dalam konteks pendidikan, teknologi adalah peralatan yang
10 digunakan untuk mendukung proses pembelajaran/pendidikan yang 11
dapat berupa komputer, perangkat lunak, jaringan komunikasi, dan
buku tercetak (Bates, 2011). Sementara media merupakan istilah
yang mengandung makna ‘mengantar’ dan ‘menginterpretasikan’.
Jadi ‘media’ merupakan produk yang mengandung content (materi
komunikasi) yang diciptakan oleh seseorang dan dimengerti oleh
orang yang menerima komunikasi tersebut. Dalam hal ini maka teks,
grafik, audio, video, dan komputasi dapat dikategorikan sebagai
media karena dapat menjadi pengantar ‘ide’ dan ‘gambar’ yang
memiliki arti. Media menurut Bates juga dapat dilihat dalam artian
lebih luas, yaitu sebagai cara merepresentasikan, mengorganisasikan
dan mengkomunikasikan ilmu pengetahuan. Namun demikian
sangat jelas bahwa media tergantung kepada teknologi.
Berdasarkan Bates (1995, 2011), perbedaan tersebut kurang lebih
seperti berikut.