Page 17 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 17

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               tributed learning dan lain sebagainya (Ally, 2008). Dalam beberapa
               tahun  terakhir,  pembelajaran  online  juga  sering  dikaitkan  dan  di-
               gunakan sebagai padanan istilah mobile learning atau m-learning,
               yang merupakan pembelajaran online melalui perangkat komunikasi
               bergerak  (mobile  communication  devices)  seperti  computer  tablet
               dan smart phone.

               Pembelajaran  learning  tidak  sekedar  membagikan  materi
               pembelajaran dalam jaringan internet. Dalam online learning, selain
               ada  materi  pembelajaran  online  juga  ada  proses  kegiatan  belajar
               mengajar secara online. Jadi, perbedaan pokok antara pembelajaran
               online dengan sekedar materi pembelajaran online adalah adanya
               interaksi yang terjadi selama proses pembelajaran. Interaksi dalam
               pembelajaran  terdiri  dari  interaksi  antara  pembelajar  dengan
               pengajar dan atau fasilitator (pengajar), dengan sesama pembelajar
               lainnya,  dan  dengan  materi  pembelajarannya  itu  sendiri  (Moore,
               1989). Ketiga jenis interaksi yang terjadi dalam pembelajaran online
 6                                                                            7
               itulah yang akan menciptakan pengalaman belajar.

               Pembelajaran  online  sering  dikonotasikan  sebagai  pembelajaran
               terbuka.  Sebenarnya,  tidak  semua  pembelajaran  online bersifat
               terbuka.  Dalam  literatur  disebutkan  bahwa  karakteristik
               pembelajaran  terbuka  setidaknya  harus  mengandung  unsur
               fleksibilitas diantaranya dalam aspek usia (tidak ada batasan usia),
               lokasi (bias dari mana saja), biaya (murah bahkan gratis), lama studi
               (tidak ada batasan waktu studi), dan prasyarat (tidak perlu memiliki
               ijazah  pendidikan  lampau),  multi-entry  dan  multi-exit  (dapat
               masuk  dan  berhenti  pada  berbagai  alternatif  waktu/kapan  saja).
               Pembelajaran  online  yang  ditujukan  untuk  pengganti  perkuliahan
               tatap muka dengan peserta target kelompok usia tertentu (misalnya
               kelompok usia 18 tahun sampai 23 tahun), harus diselesaikan dalam
               kurun waktu tertentu (misalnya empat tahun harus selesai seluruh
               program),  dan  seterusnya,  sebenarnya  tidak  dapat  dikategorikan
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22