Page 23 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 23

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               Generasi kedua: Model Multi Media
               Penggunaan multi media dalam pendidikan jarak jauh dimulai pada
               akhir era tahun 1960-an hingga tahun 1980-an.  Pengertian multi
               media  disini  adalah  kombinasi  pemanfaatan  berbagai  jenis  media
               untuk  menyampaikan  materi  pembelajaran,  yang  meliputi  bahan
               tercetak, audio-visual (kaset audio dan video), serta bentuk media
               belajar berbantuan komputer. Pada era ini interaksi antara guru dan
               siswa  dilakukan  terbatas  melalui  surat  ataupun  melalui  telepon.
               Pada generasi inilah terlahir model pendidikan terbuka pada jenjang
               perguruan tinggi yang kemudian dikenal dengan istilah universitas
               terbuka (open  university)  yang  pertama,  yaitu  the  British  Open
               University atau the United Kingdom Open University (tetapi dikenal
               hanya dengan sebutan the Open University) di Milton Keynes Inggris
               pada tahun 1969.

               Generasi ketiga: Model Tele-Learning
               Pada  era  ini,  teknologi  telah  lebih  maju  sehingg  pendidikan  jarak
 12                                                                           13
               jauh telah dilakukan dengan menggunakan interaksi langsung baik
               melalui audio maupun video konferensi. Selain itu, pada generasi ini
               juga mulai dilakukan penyampaian materi ajar melalui siaran radio
               dan  televisi.  Tentu  saja  pemanfaatan  media  tele-konferensi  dan
               siaran ini dikombinasikan juga dengan pemanfaatan media belajar
               generasi sebelumnya, baik yang tercetak maupun terekam.

               Generasi keempat: Model Pembelajaran Fleksibel
               Penggunaan  model  ini  pada  dasarnya  memanfaatkan  berbagai
               media  yang  telah  dimanfaatkan  pada  era-era  sebelumnya  tetapi
               dilengkapi  dengan  pemanfaatan  internet  (an  world-wide-web
               (www).  Interaksi  pembelajaran  sudah  dilakukan  secara  fleksibel
               baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
               media komunikasi asinkronus (e-mail ataupun forum online) maupun
               sinkronus (chat, online conferencing, dll.) Model ini memungkinkan
               desain  pembelajaran  yang  lebih  fleksibel  karena  tidak  selalu
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28