Page 23 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 23
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Generasi kedua: Model Multi Media
Penggunaan multi media dalam pendidikan jarak jauh dimulai pada
akhir era tahun 1960-an hingga tahun 1980-an. Pengertian multi
media disini adalah kombinasi pemanfaatan berbagai jenis media
untuk menyampaikan materi pembelajaran, yang meliputi bahan
tercetak, audio-visual (kaset audio dan video), serta bentuk media
belajar berbantuan komputer. Pada era ini interaksi antara guru dan
siswa dilakukan terbatas melalui surat ataupun melalui telepon.
Pada generasi inilah terlahir model pendidikan terbuka pada jenjang
perguruan tinggi yang kemudian dikenal dengan istilah universitas
terbuka (open university) yang pertama, yaitu the British Open
University atau the United Kingdom Open University (tetapi dikenal
hanya dengan sebutan the Open University) di Milton Keynes Inggris
pada tahun 1969.
Generasi ketiga: Model Tele-Learning
Pada era ini, teknologi telah lebih maju sehingg pendidikan jarak
12 13
jauh telah dilakukan dengan menggunakan interaksi langsung baik
melalui audio maupun video konferensi. Selain itu, pada generasi ini
juga mulai dilakukan penyampaian materi ajar melalui siaran radio
dan televisi. Tentu saja pemanfaatan media tele-konferensi dan
siaran ini dikombinasikan juga dengan pemanfaatan media belajar
generasi sebelumnya, baik yang tercetak maupun terekam.
Generasi keempat: Model Pembelajaran Fleksibel
Penggunaan model ini pada dasarnya memanfaatkan berbagai
media yang telah dimanfaatkan pada era-era sebelumnya tetapi
dilengkapi dengan pemanfaatan internet (an world-wide-web
(www). Interaksi pembelajaran sudah dilakukan secara fleksibel
baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
media komunikasi asinkronus (e-mail ataupun forum online) maupun
sinkronus (chat, online conferencing, dll.) Model ini memungkinkan
desain pembelajaran yang lebih fleksibel karena tidak selalu