Page 79 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 79
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
tujuan UT dalam memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan seluruh
pemangku kepentingan. Seiring dengan kebijakan reformasi birokrasi pada
instansi Pemerintah, pemanfaatan TI dalam administrasi menjadi keharusan
untuk menjamin akuntabilitas, transparansi, efektivitas dan efisiensi dalam
organisasi UT. Salah satu butir penting dalam Grand Desain Reformasi Birokrasi
di Indonesia adalah penerapan knowledge management dalam reformasi
1
birokrasi . Komponen penting knowledge management adalah pemanfaatan
TI.
Pemanfaatan TI pada bidang administrasi keuangan UT, telah dilakukan secara
bertahap dan senantiasa terus dikembangkan seiring dengan perkembangan
dan kebutuhan organisasi, terutama karena adanya peningkatan tuntutan
akuntabilitas, transparansi, efektivitas, dan efisiensi dalam pengelolaan
keuangan. Pengembangan dan pemanfaatan TI untuk administrasi keuangan
UT dalam reformasi birokrasi tidak hanya mengubah cara kerja tetapi juga
sekaligus memperkuat budaya organisasi di UT.
2. Administrasi Keuangan: Tantangan yang Tak Pernah Usai
Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbuka dan jarak jauh, penyelenggaraan
UT memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan perguruan tinggi
negeri lainnya terutama dalam proses transfer of knowledge dan administrasi
pendukungnya. Dengan jumlah mahasiswa mencapai lebih dari lima ratus ribu
orang, UT memberikan layanan akademik dan administrasi secara terpusat dan
sekaligus terdekonsentrasi di kantor-kantor UT di berbagai kota di seluruh
wilayah Indonesia. Dengan wilayah yang luas, UT menghadapi tantangan
berupa tingginya tingkat keragamanan antar daerah yang disebabkan karena
perbedaan situasi dan kondisi di tiap daerah. Dampak dari perbedaan situasi
dan kondisi tersebut adalah UT memiliki sistem penyelenggaraan yang sangat
kompleks. Fakta bahwa UT memiliki sistem penyelenggaraan yang sangat
kompleks mendesak UT untuk mengembangkan sistem penyelenggaraan
1Peraturan Presiden Republik IndonesiaNomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design
Reformasi Birokrasi 2010 – 2025
69