Page 78 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 78

Dari penelitian yang dilakukan oleh Krishnaveni dan J. Meenakumari (2010),
                 ditemukan bahwa TI membantu mengatasi masalah kompleksitas organisasi
                 dan meningkatkan kinerja keseluruhan administrasi di perguruan tinggi
                 pada tiga komponen administrasi utama yakni  administrasi mahasiswa,
                 administrasi pegawai,dan administrasi umum serta komunikasi menjadi
                 bagian integral dari ketiga komponen administrasi tersebut. Itu sebabnya
                 perguruan tinggi moderen di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia
                 semakin tertantang untuk mengembangkan dan mengaplikasikan TI untuk
                 meningkatkan kinerja administrasi, baik administrasi mahasiswa, pegawai
                 maupun umum. Peningkatan kinerja administrasi terutama pada kinerja sistem
                 dan prosedur, koordinasi pekerjaan, dan transaksi data akan mempermudah
                 perguruan tinggi dalam melaksanakan penjaminan kualitas. Tidak berlebihan
                 jika kebutuhan otomasi di perguruan tinggi sejalan dengan upaya penguatan
                 penjaminan kualitas perguruan tinggi.
                 Pemanfaatan perangkat  TI dalam urusan administrasi umum dilakukan di
                 banyak perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Universitas
                 Terbuka (UT) termasuk salah satu perguruan tinggi terdepan di Indonesia
                 yang memanfaatkan TI secara intensif  dalam layanan administasi dan layanan
                 akademik. Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT telah mengembangkan
                 dan menggunakan sistem dan perangkat aplikasi teknologi informasi untuk
                 urusan administrasi akademik mahasiswa. Hingga kini, pengembangan
                 dan pemanfaatan TI dalam urusan administrasi akademik mahasiswa terus
                 ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
                 Strategi UT dalam meningkatkan  kualitas layanan dalam proses administasi
                 akademik mahasiswa  juga disertai dengan peningkatan pengembangan dan
                 pemanfaatan TI dalam administrasi kepegawaian dan administrasi umum.
                 Pemanfaatan   TI di UT  dirancang  untuk secara strategis meningkatkan
                 kualitas pengambilan keputusan dan sekaligus memberikan dampak
                 terhadap produktivitas layanan akademik dan layanan administrasi yang
                 selaras dengan upaya penjaminan kualitas dalam penyelenggaraan UT.
                 Dalam  praktiknya,  ketiga  komponen  utama  penyelenggaraan  UT  yakni
                 administrasi akademik mahasiswa, administrasi pegawai, dan administrasi
                 umum menjadi saling kait mengkait dan saling melengkapi untuk mencapai


                 68
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83