Page 78 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 78
Dari penelitian yang dilakukan oleh Krishnaveni dan J. Meenakumari (2010),
ditemukan bahwa TI membantu mengatasi masalah kompleksitas organisasi
dan meningkatkan kinerja keseluruhan administrasi di perguruan tinggi
pada tiga komponen administrasi utama yakni administrasi mahasiswa,
administrasi pegawai,dan administrasi umum serta komunikasi menjadi
bagian integral dari ketiga komponen administrasi tersebut. Itu sebabnya
perguruan tinggi moderen di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia
semakin tertantang untuk mengembangkan dan mengaplikasikan TI untuk
meningkatkan kinerja administrasi, baik administrasi mahasiswa, pegawai
maupun umum. Peningkatan kinerja administrasi terutama pada kinerja sistem
dan prosedur, koordinasi pekerjaan, dan transaksi data akan mempermudah
perguruan tinggi dalam melaksanakan penjaminan kualitas. Tidak berlebihan
jika kebutuhan otomasi di perguruan tinggi sejalan dengan upaya penguatan
penjaminan kualitas perguruan tinggi.
Pemanfaatan perangkat TI dalam urusan administrasi umum dilakukan di
banyak perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Universitas
Terbuka (UT) termasuk salah satu perguruan tinggi terdepan di Indonesia
yang memanfaatkan TI secara intensif dalam layanan administasi dan layanan
akademik. Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT telah mengembangkan
dan menggunakan sistem dan perangkat aplikasi teknologi informasi untuk
urusan administrasi akademik mahasiswa. Hingga kini, pengembangan
dan pemanfaatan TI dalam urusan administrasi akademik mahasiswa terus
ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
Strategi UT dalam meningkatkan kualitas layanan dalam proses administasi
akademik mahasiswa juga disertai dengan peningkatan pengembangan dan
pemanfaatan TI dalam administrasi kepegawaian dan administrasi umum.
Pemanfaatan TI di UT dirancang untuk secara strategis meningkatkan
kualitas pengambilan keputusan dan sekaligus memberikan dampak
terhadap produktivitas layanan akademik dan layanan administrasi yang
selaras dengan upaya penjaminan kualitas dalam penyelenggaraan UT.
Dalam praktiknya, ketiga komponen utama penyelenggaraan UT yakni
administrasi akademik mahasiswa, administrasi pegawai, dan administrasi
umum menjadi saling kait mengkait dan saling melengkapi untuk mencapai
68