Page 376 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 376
untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa. Pemasaran digital adalah
solusi yang berkembang dengan sangat pesat dan murah untuk menjangkau
pelanggan secara maksimum tanpa batas apa pun. Pemasaran online
memiliki banyak keuntungan bagi bisnis serta pelanggan. Namun, di sisi lain,
ada beberapa masalah yang berhubungan dengan internet marketing dan
penggunaan teknologi serta popularitasnya di kalangan target pasar. Strategi
pemasaran melalui website dan internet marketing mampu memengaruhi
perkembangan dan kepuasan dalam strategi pemasaran yang dapat juga
untuk meningkatkan value suatu perusahaan. Selain itu, dengan adanya
e-marketing dapat menekan dan menghemat biaya pengeluaran marketing
suatu perusahaan.
Internet marketing menjadi fokus perhatian pelaku pasar terutama
disebabkan meningkatnya biaya pemasaran pada media yang tradisional
dan tidak menjamin bahwa benar-benar bisa menargetkan pelanggan yang
berpotensial. Demikian juga UT sebagai institusi pendidikan sedang dalam
proses implementasi program digital marketing untuk lebih memasarkan
produk-produk pendidikannya melalui penyampaian informasi akademik
secara terstruktur yang dikoordinasikan oleh kantor Pembantu Rektor IV
Bidang Kerja Sama dan Penguatan Institusi. Proses pengimplementasian
program digital marketing, UT telah mempunyai Buku Kerangka Acuan Kerja
(Term of Reference-TOR) sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan digital
marketing Universitas Terbuka dengan konsultasi oleh Inbound pada tahun
2013. Adapun pedoman kerja tersebut terdiri atas laporan analisis website
Universitas Terbuka www.ut.ac.id, laporan grand strategy digital marketing
Universitas Terbuka, dan laporan uji pasar website Universitas Terbuka.
Inbound (2013) menjelaskan strategi digital marketing terbagi menjadi lima,
yakni pengembangan aset digital, sumber daya manusia, aktivitas marketing,
pengukuran, hingga perhitungan revenue on investment. Pengembangan
aset digital dapat dilakukan terhadap website, mobile site, dan facebook
applications. Sebelum melakukan pengembangan aset digital, diperlukan
definisi, tujuan pembuatan, dan sasaran pengguna website, mobile site, dan
facebook application. Selain itu, diperlukan pula syarat dan ketentuan dari
366