Page 376 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 376

untuk  memperkenalkan  suatu  produk  atau  jasa.  Pemasaran  digital  adalah
                 solusi yang berkembang dengan sangat pesat dan murah untuk menjangkau
                 pelanggan secara maksimum tanpa batas apa pun. Pemasaran  online
                 memiliki banyak keuntungan bagi bisnis serta pelanggan. Namun, di sisi lain,
                 ada beberapa masalah yang berhubungan dengan internet  marketing dan
                 penggunaan teknologi serta popularitasnya di kalangan target pasar. Strategi
                 pemasaran melalui  website dan internet  marketing mampu memengaruhi
                 perkembangan dan kepuasan dalam strategi pemasaran yang dapat juga
                 untuk meningkatkan  value suatu perusahaan. Selain itu, dengan adanya
                 e-marketing dapat menekan dan menghemat biaya pengeluaran  marketing
                 suatu perusahaan.
                 Internet  marketing menjadi fokus perhatian pelaku pasar terutama
                 disebabkan  meningkatnya  biaya  pemasaran  pada  media  yang  tradisional
                 dan tidak menjamin bahwa benar-benar bisa menargetkan pelanggan yang
                 berpotensial. Demikian juga UT sebagai institusi pendidikan sedang dalam
                 proses implementasi program digital  marketing untuk lebih memasarkan
                 produk-produk pendidikannya melalui penyampaian informasi akademik
                 secara  terstruktur  yang dikoordinasikan  oleh  kantor  Pembantu  Rektor  IV
                 Bidang Kerja Sama dan Penguatan Institusi. Proses pengimplementasian
                 program digital marketing, UT telah mempunyai Buku Kerangka Acuan Kerja
                 (Term of Reference-TOR) sebagai pedoman bagi pelaksanaan kegiatan digital
                 marketing Universitas Terbuka dengan konsultasi oleh Inbound pada tahun
                 2013. Adapun pedoman kerja tersebut terdiri atas laporan analisis  website
                 Universitas Terbuka  www.ut.ac.id, laporan  grand strategy digital marketing
                 Universitas Terbuka, dan laporan uji pasar website Universitas Terbuka.
                 Inbound (2013) menjelaskan strategi digital marketing terbagi menjadi lima,
                 yakni pengembangan aset digital, sumber daya manusia, aktivitas marketing,
                 pengukuran, hingga perhitungan  revenue on investment. Pengembangan
                 aset  digital  dapat  dilakukan  terhadap  website,  mobile site,  dan  facebook
                 applications. Sebelum melakukan pengembangan aset digital, diperlukan
                 definisi, tujuan pembuatan, dan sasaran pengguna website, mobile site, dan
                 facebook application. Selain itu, diperlukan pula syarat dan ketentuan dari




                 366
   371   372   373   374   375   376   377   378   379   380   381